Sasis Monokok

Sasis Monokok

1631
0
BERBAGI

lamborghini-aventador-carbon-fiber-rollingchassis01

Pada bahasan Ototaiment tentang Lamborghini Aventador Superveloce lalu, terselip catatan bahwa Lamborghini memutuskan untuk menampakkan sasis monokok yang biasanya tertutup. Sebenarnya, apa sih sasis monokok itu?

Sesuai namanya yang bisa diartikan sebagai cangkang tunggal (mono = tunggal, coque = cangkang), sasis monokok adalah sasis yang didesain menyatu dengan bodi mobil. Dimana sasis tersebut disatukan langsung dengan bodi kendaraan dan tidak dapat dipisah karena telah menjadi kesatuan (unibodi). Pemakaian sasis ini biasanya dipakai di mobil dengan kebutuhan yang ringan, seperti untuk mobil sedan  dan MPV kecil.

Karena sifatnya yang unibodi, sasis ini bermanfaat sekali meningkatkan tingkat ekonomis bahan bakar dan membuat ruang kabin lebih aman jika terjadi benturan, karena seluruh gaya akan disebar merata pada seluruh bodi.

Kekurangan sasis ini adalah apabila terjadi kerusakan pada sasis, maka perbaikannya akan lebih mahal sekaligus sulit sebab dampak tumbukan terasa merata di seluruh bodi.

Hingga saat ini perkembangan sasis monokok masih terus dalam pengembangan demi menciptakan kendaraan dengan tingkat keamanan tinggi.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY