Apa Itu Differential?

Apa Itu Differential?

3214
0
BERBAGI

Mungkin kebanyakan dari kita masih bingung dengan istilah differential. Differential sendiri bisa diartikan sebagai gardan. Nah tapi apakah kalian tahu apa sebenarnya fungsi dari differential atau gardan?

Gardan merupakan bagian dari komponen mobil yang mempunyai tugas untuk meneruskan tenaga yang dihasilkan oleh mesin ke poros roda. Semua itu dimulai dari proses pembakaran yang terjadi di dalam ruang bahan bakar. Proses pembakaran tersebut akan membuat piston bergerak naik turun. Pergerakan piston yang naik turun tersebut kemudian diteruskan untuk membuat poros engkol berputar.

Setelah poros engkol berputar maka akan diteruskan untuk memutar flywheel, perputaran flywheel kemudian akan diteruskan untuk memutar kopling dan selanjutnya diteruskan untuk memutar transmisi ke as kopel lalu dilanjutkan ke gardan. Setelah itu gardan akan meneruskan putaran tersebut ke as roda dan membuat roda bisa berputar, sehingga mobil-pun bisa berjalan.

Differential

Dengan semua proses tersebut, tentunya fungsi gardan sangatlah penting, karena jika tidak ada gardan maka mobil tidak akan bisa berjalan. Secara khusus, fungsi dari gardan dalam sebuah mobil bisa dijelaskan sebagai berikut:

1. Berfungsi untuk merubah arah putaran mesin

Mesin yang digunakan untuk mobil yang mempunyai as kopel didesain memanjang ke depan. Dengan begitu, arah perputaran flywheel tidak searah dengan arah perputaran roda. Nah untuk membuat arah perputaran mesin dan arah perputaran roda menjadi searah maka digunakanlah gardan.

2. Membuat momen menjadi lebih besar

Momen merupakan tenaga putaran dari sebuah benda yang berputar atau dalam hal ini adalah putaran poros engkol. Benda yang berputar dengan cepat akan menghasilkan tenaga yang kecil, dan begitu juga sebaliknya, benda yang berputar dengan lambat akan menghasilkan tenaga yang besar. Nah poros engkol sendiri bisa berputar sangat cepat, setidaknya bisa berputar minimal 600 kali dalam satu menit. Dengan cepatnya perputaran poros engkol tersebut maka tenaga yang dihasilkan akan kecil. Disini gardan berfungsi untuk memperlambat putaran poros engkol sehingga bisa menghasilkan tenaga yang besar untuk membuat mobil bisa berjalan.

3. Membuat putaran roda kiri dan kanan tidak sama pada saat sedang membelok

Saat mobil sedang berbelok, putaran roda bagian dalam akan cenderung lebih lambat daripada putaran roda bagian luar. Hal itu dimaksudkan agar pada saat berbelok roda mobil bisa berbelok dengan lancar dan tidak slip. Nah jika kedua roda, yaitu roda kanan dan kiri berputar pada kecepatan yang sama maka mobil tidak akan bisa berbelok dengan baik. Dengan begitu fungsi dari gardan adalah membuat perputaran roda kanan dan kiri menjadi tidak sama, sehingga mobil bisa berbelok dengan lancar.

Selain itu gardan juga mempunyai beberapa komponen, yaitu final gear yang terdiri dari ring gear dan drive pinion, serta differential gear yang terdiri dari pinion gear, side gear, dan differential carrier.

Nah itu beberapa hal yang bisa kami informasikan buat kalian mengenai differential atau gardan, semoga bisa bermanfaat.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY