Mengenal Lebih Jauh Tentang Horsepower dan Torsi

Mengenal Lebih Jauh Tentang Horsepower dan Torsi

1438
0
BERBAGI

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah horsepower dan torsi. Horsepower dalam bahasa Indonesia sendiri bisa disebut juga dengan istilah daya kuda. Istilah ini pasti ditemui jika anda sedang membahas soal spesifikasi mesin, baik mobil maupun motor.

Tapi apakah anda mengetahui definisi dari horsepower maupun torsi? Jika belum, Otopedia kali ini akan mengulas lebih jauh tentang horsepower dan torsi.

Horsepower merupakan istilah yang diperkenalkan oleh seorang insinyur asal Skotlandia, James Watt. Ia menjelaskan bahwa seekor kuda poni rata-rata mampu mengangkut beban seberat 550 pounds (249,4 kg) sejauh satu kaki (30,48 cm) dalam waktu satu detik. Kemudian, dari 550 pounds dikalikan 60 detik maka ketemulah angka 33.000 foot pounds per minute, dan angka itulah  yang menjadi dasar dari ukuran 1 horsepower.

Jadi bisa dikatakan juga bahwa horsepower adalah kemampuan untuk mengusung sebuah beban dalam jangka waktu tertentu.

Horsepower

Sedangkan yang dimaksud dengan torsi adalah gaya untuk memutarkan suatu benda pada porosnya. Torsi sendiri sangat penting untuk menggerakan mobil/motor dari keadaan diam hingga bergerak. Besarnya torsi juga sangat berpengaruh terhadap percepatan perubahan posisi mobil dari sebuah titik.

Torsi

Dengan demikian, horsepower dan torsi merupakan dua hal yang berbeda namun saling berkaitan. Dalam bahasa mudahnya, horsepower merupakan jumlah tenaga mesin yang dikeluarkan dalam suatu kurun waktu tertentu, sedangkan torsi adalah ukuran dari tenaga.

Sebagai contoh, saat sebuah mobil melaju dengan kecepatan tinggi, maka torsi yang dibutuhkan hanya sedikit, namun agar kecepatan mobil tersebut tetap terjaga atau lebih kencang lagi maka dibutuhkan lebih banyak horsepower. Sebaliknya, saat mobil sedang akan bergerak dari keadaan diam maka torsi yang dibutuhkan akan besar, sedangkan horsepower yang dibutuhkan lebih sedikit.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY