Tips Mencuci dan Merawat Cat Mobil

Tips Mencuci dan Merawat Cat Mobil

655
0
BERBAGI
Bersihkan mobil Anda yang biasanya akan kotor saat selesai mudik (Foto: )

CarWashOnLake

Cat mobil menjadi salah satu elemen penting dari tampilan luar mobil anda. Oleh sebab itu, perawatannya tentu saja menjadi hal wajib agar mobil anda tetap kinclong seperti saat pertama anda membelinya. Berikut ini beberapa tips yang kami himpun untuk bisa diterapkan pada mobil anda. Selamat mencoba!

  1. Hindarkan mobil dari sinar UV atau sinar matahari yang berlebihan. Utamakan untuk selalu mencari tempat parkir yang teduh, terlebih jika mobil akan diparkir lama. Jika anda tak menemukan tempat parkir yang teduh ataupun memiliki atap yang memadai, anda bisa mengatasinya dengan menggunakan sarung mobil atau penutup mobil lainya.
  2. Gunakan sabun atau shampoo khusus mobil ketika mencuci mobil, karena shampoo mobil memiliki kadar yang telah disesuaikan untuk merawat cat mobil. Jangan memakai deterjen dan sabun colek karena mengakibatkan bodi mobil semakin tipis dan menjadikannya kasar.
  3. Selalu gunakan kain yang halus atau tidak kasar untuk membersihkan bodi luar mobil. Anda bisa menggunakan kain khusus untuk lap mobil seperti Chamois untuk amannya. Jangan lupa untuk terlebih dahulu membersihkan kain lap yang akan anda gunakan, karena kain yang kotor dapat mengakibatkan bekas-bekas noda dan bembuat warna cat terlihat tidak bersih.
  4. Jangan pernah melap bodi mobil dalam keadaan kering. Hal ini dapat meninggalkan bekas goresan kecil karena adanya partikel debu yang biasa menempel pada bodi mobil. Anda bisa menyiram bodi mobil terlebih dahulu dengan air sebelum mengelapnya. Berikan pelumas khusus bodi saat melakukan pengelapan. Jangan mengelap dengan cara mengulangi bagian yang sudah bersih, lakukan dengan teknik searah jarum jam atau memutar dari sebelah kiri ke kanan.
  5. Cucilah mobil anda secara teratur, minimal seminggu sekali saat musim kemarau dan lebih sering saat musim hujan. Hal ini bertujuan untuk mencegah kotoran yang menempel terlalu lama karena dapat mengurangi kilau cat mobil Anda. Jangan biarkan mobil anda setelah terkena air hujan. Sempatkan untuk segera menyiramnya dengan air bersih, kemudian keringkan. Air hujan mengandung asam yang cukup tinggi dan dapat mengakibatkan pudarnya cat mobil anda jika dibiarkan.
  6. Hindari memarkir kendaraan di tempat yang terbuka pada malam hari, karena air embun dapat memudarkan cat dan mengurangi ketahanan bodi mobil. Jika hal ini dibiarkan secara terus menerus dapat mengakibatkan bodi mobil Anda mengalami retak-retak kecil. Pasang sarung mobil saat parkir untuk menjaga dari benda-benda yang dapat memudarkan cat mobil.

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY