Perbedaan Transmisi Matic Torque Converter dengan Dual-Clutch

Perbedaan Transmisi Matic Torque Converter dengan Dual-Clutch

1801
0
BERBAGI

Anda mungkin pernah mendengar istilah transmisi matic torque converter dan dual-clutch. Kedua sistem transmisi tersebut sangat umum kita temukan pada spesifikasi mobil baru saat ini. Namun, walaupun anda pernah mendengar kedua istilah tersebut, apakah anda mengetahui perbedaan diantara keduanya?

Jika ada dari anda yang belum mengetahui perbedaannya, maka pada kesempatan kali ini kami akan mencoba menjelaskan perbedaan dari kedua sistem transmisi tersebut.

dual clutch

Sistem transmisi matic torque converter mempunyai komponen utama berupa planetary gear unit, hydraulic control unit, dan torque converter. Pada umumnya, sistem transmisi otomatis jenis ini menggunakan kopling basah dan akan dioperasikan oleh torque converter untuk memperbesar momen mesin. Saat nanti mobil melaju pada kecepatan tertentu dan sudah waktunya berpindah gigi, sistem komputer akan secara otomatis menggerakkan torque converter untuk melakukan perpindahan gigi.

Sedangkan sistem transmisi dual-clutch merupakan sistem transmisi otomatis paling baru untuk saat ini. Sistem transmisi dual-clutch mempunyai dua jenis kopling yang siap membantu mesin untuk menggerakan roda mobil. Sebut saja kedua kopling tersebut adalah kopling A dan kopling B. Kopling A dirancang untuk bekerja pada gigi 1,3,5, dan gigi mundur. Sedangkan kopling B dirancang untuk bekerja pada gigi 2,4, dan 6.

Kedua kopling tersebut akan saling bekerja sama dalam melakukan perpindahan gigi. Seperti misalnya, saat mobil bergerak menggunakan gigi satu, maka kopling B sudah siap meneruskan tenaga melalui gigi dua. Perpindahan gigi tersebut dikontrol oleh sistem komputer sesuai dengan jatah masing-masing kopling.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY