Mobil Formula Buatan Mahasiswa Yogya Siap Ramaikan Student Formula Japan 2015

Mobil Formula Buatan Mahasiswa Yogya Siap Ramaikan Student Formula Japan 2015

1169
0
BERBAGI

GURT102

Tim mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta bersiap untuk mewakili Indonesia dengan membuat mobil formula yang akan diikutsertakan dalam event 2015 Student Formula Japan (SFJ) pada 1-5 September 2015 di ECOPA ( Ogasayama-Sports; Shizouka-ken) Jepang, setelah tahun lalu sukses meraih berbagai predikat juara pada ajang International Student Green Competition di Korea Selatan.

Garuda UNY Racing Team (GURT), nama tim mahasiswa UNY tersebut, sudah terdaftar secara resmi dan mengantongi nomor mobil 76. Beberapa sponsor seperti Garuda Indonesia, Garuda Cargo, PT Kawan Lama Sejahtera, Indonesia Steel Tube Works (ISTW) dan Harian Kompas menjadi penyokong GURT dalam 2015 SFJ tersebut.

Mobil formula yang akan dibesut GURT dalam SFJ depan bernama Garuda F15, dengan filosofi Garuda sebagai lambang negara, F dari kata Formula dan 15 berasal dari tahun kompetisi, yaitu 2015. Tim GURT menargetkan Garuda F15 dapat membawa pulang 5 kategori juara dalam 2015 SFJ, yaitu, juara kategori best rookie, acceleration, powertrain design, design, dan dapat menempati posisi 10 besar.

Dalam pembuatannya, mobil formula student dirancang sesuai ketentuan regulasi 2015 formula SAE dan local rule dari SFJ. Proses manufaktur keseluruhan mencapai 3 bulan lebih yang mencakup dari pembuatan sasis, sistem pemindahan tenaga, sistem kemudi-rem-suspensi dan pembuatan bodi serta difusser.

Garuda F15 mengusung mesin Husqvarna SM630 dengan engine displacement 600cc yang dikerjakan sekitar 1 bulan lamanya.

Untuk mengerjakan Garuda F15 ini, GURT mengerahkan 18 orang mahasiswa dari hampir seluruh fakultas di UNY yang dibagi dalam dua tim, teknis dan non-teknis. Pengerahan mahasiswa dari berbagai disiplin ilmu ini guna menyumbangkan ilmu yang dikuasai sesuai bidangnya masing-masing.

Pembagian tim teknis terdiri dari 7 divisi yang meliputi Chassis, Machining, Design, Autobody, Engine, SBS dan powertrain. Sementara untuk tim non-teknis terbagi dalam administration dan public relation.

Hingga saat ini, proses pembuatan Garuda F15 sudah mencapai 30% dan targetnya bakal selesai pada bulan Mei.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY