Tips Berkendara Melewati Genangan Air

Tips Berkendara Melewati Genangan Air

945
0
BERBAGI

driving-in-the-rain

Pada musim penghujan yang nampaknya masih akan berlangsung ini, anda harus ekstra berhati-hati saat berkendara, terlebih jika anda memacu mobil melewati genangan air di jalan. Jika tak berhati-hati, mobil bisa tergelincir bahkan terguling.

Beberapa pengendara terbiasa beranggapan cara terbaik saat melewati genangan air adalah dengan melakukan pengereman, padahal mengerem saat melewati genangan air justru sangat berbahaya.

Cara terbaik saat melintasi genangan air adalah dengan memperlambat laju kendaraan. Lakukan dengan cara melepas pedal perlahan hingga mobil mengurangi kecepatannya agar mobil tidak lepas kendali.

Kenapa kita tidak dianjurkan mengerem saat melintasi genangan air? Ternyata hal ini disebabkan oleh ban yang akan melakukan blocking di atas air. Meski tak berbahaya, tetapi saat ban kembali melintas di aspal kering, mobil akan tertarik akibat ban yang tercengkeram jalanan. Hal ini yang mengakibatkan mobil jadi hilang kendali dan bisa berbalik arah.

Pedal gas baru boleh diinjak kembali setelah melewati genangan air, namun pastikan dahulu bahwa kontrol mobil sudah sempurna.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY