Tips Menghemat Bahan Bakar Mobil Anda

Tips Menghemat Bahan Bakar Mobil Anda

697
0
BERBAGI

Petrol20120523185138_l

Harga bahan bakar minyak yang kerap mengalami kenaikan serta keberadaannya yang merupakan sumber daya alam yang susah diperbaharui cukup membuat beberapa pabrikan berlomba-lomba menciptakan mobil yang irit bahan bakar. Para pengguna mobil pun sering merasa diberatkan dengan mahalnya BBM ataupun keborosannya akibat hal-hal tertentu.

Oleh sebab itu, kami mencoba merangkum beberapa kiat untuk melakukan penghematan konsumsi bahan bakar pada kendaraan anda, termasuk beberapa saran berkendara yang dapat meningkatkan efisiensi konsumsi BBM anda.

Waktu Pengisian
Waktu terbaik untuk mengisi bahan bakar adalah saat pagi atau malam hari. Hal ini guna mengurangi jumlah bahan bakar yang menguap karena panas.

Waktu Memanaskan Kendaraan
Anda tak perlu memanaskan kendaraan anda terlalu lama agar tak membuang banyak bahan bakar secara percuma. Pemanasan kendaraan pada dasarnya bertujuan untuk mengalirkan oli karena penggunaan mesin berbentuk tegak. Padahal, pada mesin-mesin keluaran terbaru yang sudah berposisi rebah hal ini tidak perlu dilakukan. Jika ingin memanaskan, 2-3 menit dirasa sudah cukup.

Cek Tekanan Angin Ban
Lakukan pengecekan tekanan angin ban minimal seminggu sekali, dan pertahankan agar tekanan ban berada pada kondisi ideal, tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah. Tekanan angin yang rendah menimbulkan beban berlebih pada rotasi roda yang membuat kerja mesin lebih boros.

Penggunaan AC
Meskipun AC termasuk fasilitas krusial dalam kenyamanan kabin, pemakaian AC menjadi salah satu faktor yang berpengaruh pada konsumsi bahan bakar yang lebih banyak. Bila udara tidak terlalu panas atau Anda sedang menunggu seseorang di mobil, sebaiknya matikan saja mesin pendingin.

Wheel Alignment dan Balancing
Pengaturan sudut roda berpengaruh paada konsumsi BBM, terutama bila anda sering melalui rute jalan yang rusak atau berlubang. Setidaknya anda perlu melakukan perawatan berkala setiap enam bulan sekali atau sekitar 10.000 km.

Mengemudi dengan Halus dan Tidak Agresif
Aturlah ritme berkendara anda, terutama dalam menginjak pedal gas mobil agar laju kecepatan mobil konstan. Penekanan pedal gas yang terlalu dalam dapat berakibat pada tingginya intensitas putaran mesin dan jumlah BBM yang dibakar pun akan menjadi lebih banyak. Anda hanya perlu menjaga putaran mesin tetap konstan di angka 2.000-3000 rpm agar intensitas putaran mesin tetap stabil.

Pilih Rute Jalan
Sebisa mungkin hindarilah ruas jalan yang macet karena hal ini membuat anda terpaksa memacu kendaraan dalam posisi ‘stop and go’  bahkan terkadang harus berhenti dalam waktu yang relatif lama. Ini tentu sajaberakibat pada konsumsi BBM yang terbuang percuma. Solusinya, kenalilah rute alternatif sebagai pilihan jika anda berkendara pada jam-jam rawan macet.

Ganti Jenis Bahan Bakar Anda dengan yang Berkualitas
Gunakan bahan bakar dengan oktan lebih tinggi. Meskipun lebih mahal, BBM berkualitas baik membuat mesin memiliki daya tahan lebih lama lantaran mampu membersihkan ruang bakar bahkan dan mampu mengurangi hambatan gesekan logam pada mesin yang berujung pada performa yang lebih maksimal.

Rawat Kendaraan Anda dengan Melakukan Servis Berkala
Perawatan kendaraan adalah hal yang wajib menjadi prioritas anda. Mobil yang dalam kondisi prima lebih efisien dalam mengkonsumsi bahan bakar. Penggantian pelumas jangan sampai telat untuk mengurangi keausan akibat gesekan antar permukaan logam dan suhu panas yang menjadi beban kerja mesin. Periksa selalu filter udara mobil anda agar pasokan udara segar ke ruang pembakaran tidak tersumbat oleh kotoran.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY