BMW E30 adalah salah satu mobil lawas yang masih diminati oleh banyak pecinta otomotif. Mobil ini diproduksi pada era ’80-an awal hingga ’90-an awal dengan berbagai model, mulai dari sedan 4-pintu, coupe 2-pintu, cabriolet, hingga wagon. Namun, di Indonesia, model yang paling banyak beredar adalah sedan 4-pintu.

Bagi para penggemar BMW E30 yang ingin memiliki model coupe 2-pintu, ada cara untuk mengubah sedan 4-pintu menjadi coupe 2-pintu. Caranya adalah dengan melakukan modifikasi bodi yang bisa dilakukan di bengkel spesialis BMW E30, seperti Finn’s Garage yang berlokasi di daerah Cinere, Depok.

Menurut Findy Dony, pemilik Finn’s Garage, modifikasi bodi ini bisa menaikkan nilai mobil E30, karena model coupe 2-pintu lebih langka dan lebih sporty daripada model sedan 4-pintu. Namun, untuk melakukan modifikasi ini, diperlukan biaya yang tidak sedikit, yaitu sekitar Rp 300 jutaan.

"Untuk yang 2-pintu, kalau kita bangun, kita restorasi, bisa memakan biaya sampai Rp 200 jutaan hingga Rp 300 jutaan. Tapi, nilai mobilnya jadi naik," ujar Findy, dikutip dari Kompas.com.

Findy menjelaskan, untuk modifikasi bodi ini, ia harus membeli potongan bodi coupe dari luar negeri, seperti quarter panel dan pintu. Kemudian, ia harus memasangnya dengan rapi dan mencatnya dengan warna yang sesuai. "Jadi, tinggal beli quarter panel dan pintu. Secara sasis, E30 coupe dengan E30 sedan sama," kata Findy.

Modifikasi bodi ini sudah beberapa kali dilakukan oleh Finn’s Garage, yang memang merupakan bengkel spesialis BMW E30. Bengkel ini juga melayani restorasi dan perbaikan mobil-mobil lawas lainnya, seperti BMW E21, E28, E34, dan E36.

Popularitas BMW E30 di Indonesia memang sedang naik pada beberapa tahun belakangan ini, karena banyak digunakan oleh figur publik, seperti Fitra Eri, Andrea Taulany, Arief Muhammad, dan Den Dimas. Selain itu, mobil ini juga memiliki sejarah yang menarik, karena pernah muncul di film Catatan Si Boy yang dirilis tahun 1987.

BMW E30 merupakan mobil yang didesain dengan konsep The Ultimate Driving Machine, yang artinya mesin yang hebat untuk dikendarai. Mobil ini memiliki performa yang baik, desain yang elegan, dan kualitas yang tinggi. Tidak heran, jika mobil ini masih banyak dicari dan dijaga oleh para penggemarnya hingga saat ini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini