Langkah-Langkah Mencuci Kolong Mobil Agar Bersih Maksimal

Langkah-Langkah Mencuci Kolong Mobil Agar Bersih Maksimal

910
0
BERBAGI

Di musim penghujan seperti saat ini, hal yang paling menyebalkan bagi para pemilik mobil adalah membersihkan mobilnya dari guyuran air hujan. Pencucian mobil secara rutin memang perlu dan sangat penting untuk dilakukan, terutama pada bagian kolong mobil.

Kolong mobil memang merupakan bagian yang susah-susah gampang untuk dibersihkan, itu karena letaknya yang berada di bagian bawah mobil, sehingga agak susah untuk mengaksesnya. Pada bagian kolong mobil juga terdapat banyak komponen yang terbuat dari bahan besi, sehingga air bercampur tanah yang menempel pada bagian ini bisa  memicu terjadinya karat. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika bagian kolong mobil dibersihkan satu kali dalam seminggu, namun apabila intensitas hujannya tinggi, usahakan untuk mencucinya dua kali dalam seminggu.

Agar kolong mobil bisa bersih dengan maksimal, usahakan untuk mencuci bagian ini di tempat pencucian mobil yang sudah mempunyai lift hydraulict untuk mengangkat mobil. Dengan adanya lift hydraulict tersebut, pembersihan bagian kolong mobil bisa dilakukan dengan maksimal.

Mencuci Kolong Mobil

Apabila anda mencuci di tempat pencucian mobil yang masih menggunakan jembatan, maka kolong mobil tidak akan bisa bersih secara maksimal. Hal itu disebabkan oleh akses yang terbatas untuk menjangkau celah di bagian tengah kolong mobil.

Jika kolong mobil sudah dibersihkan, biasakan juga untuk melakukan pengecekan lebih lanjut. Anda bisa mengecek bagian bumper, baik depan maupun belakang. Biasanya pada bagian bumper tersebut terdapat beberapa kotoran, seperti daun, plastik, dan kotoran lain yang tersangkut. Jika dibiarkan, kotoran tersebut bisa mengganggu sistem pendingin mesin dan kabin.

Jangan lupa juga untuk mengecek sela-sela velg dan bagian shockbreaker. Kotoran yang dibiarkan menempel terlalu lama pada bagian shockbreaker bisa menyebabkan sistem suspensi menjadi bermasalah.

Bagian As roda juga jangan sampai luput dari pengecekan. Butiran tanah dan kotoran lain yang masih menempel pada bagian ini bisa menyebabkan kerusakan pada karet pelindung sambungan as roda. Begitupula pada bagian lantai pelindung penutup mesin. Biasanya beberapa pabrikan memasang lantai penutup dengan klep karet atau mur. Pastikan klep atau mur tersebut tidak terlepas dari tempatnya.

Perhatikan pula bagian steering rack, karena jika ada kotoran yang menempel pada karet boot pelindung sistem kemudi rack dan pinion bisa menyebabkan bocornya oli power steering. Pastikan tidak ada oli yang merembes agar sistem kemudi bisa berfungsi maksimal.

Bagian terakhir yang harus dicek adalah kondensor AC. Letaknya yang cukup rendah membuat bagian ini memang mudah kotor. Cipratan air yang berisi kotoran biasanya akan menutup kisi-kisi kondensor AC, sehingga membuat pelepasan panas AC bisa terganggu.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY