Mengenal Fungsi Rem Parkir Elektris

Mengenal Fungsi Rem Parkir Elektris

1608
0
BERBAGI

1936wv73f5ni3jpg

Kemajuan teknologi yang kian pesat memungkinkan untuk diterapkan pada dunia otomotif, termasuk penggunaan rem parkir elektris. Rem elektris adalah sistem pengereman yang menggunakan motor elektrik untuk mengoperasikan rem parkir di roda belakang.

Pada dasarnya, rem parkir elektris hanya bekerja pada saat mobil dalam kondisi diam. Sebuah motor elektrik dipasang di belakang dengan fungsi untuk menarik kabel rem parkir. Beberapa produsen mobil bahkan menempatkan motor elektris pada kaliper rem. Jadi tak ada lagi mekanikal kabel untuk menggerakan kampas rem.

Sebuah sentuhan ringan melalui tombol sudah bisa mengaktifkan rem ini. Namun anda perlu menekan pedal rem terlebih dahulu sebelum kembali menekan tombol rem saat ingin menon-aktifkan fungsi pengereman.

M-6-1

 

Meskipun sistem rem elektris berfungsi saat mobil berada dalam kondisi diam, pengemudi tetap dapat mengaktifkannya dalam keadaan darurat dengan cara menekan-tahan tombol rem elektris selama mungkin. Hal ini guna mengirimkan sinyal pada komputer yang akan mendeteksi keadaan darurat pada kendaraan. Meski begitu, tekanan yang diberikan tidak sekuat saat rem parkir elektris aktif. Hal ini bertujuan agar ban tidak mengunci yang dapat membuat mobil tidak terkendali.

Untuk menon-aktifkan fitur ini, Anda hanya perlu me­nekan pedal gas agar mobil dapat kembali berakselerasi seperti sedia kala.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY