Ini Cara yang Bisa Anda Lakukan Agar Kopling Mobil Lebih Awet

Ini Cara yang Bisa Anda Lakukan Agar Kopling Mobil Lebih Awet

1188
0
BERBAGI

Pada setiap mobil yang menggunakan sistem transmisi manual, pastilah selalu terdapat pedal kopling. Kopling ini sangat berguna untuk membantu memindahkan transmisi dan tentunya akan selalu anda gunakan setiap kali berkendara dengan mobil kesayangan.

Pedal Mobil Transmisi Manual

Seiring dengan berjalannya waktu, tentunya kopling juga bisa mengalami kerusakan. Namun, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan agar kopling mobil anda lebih awet dan tidak cepat rusak. Berikut akan kami berikan beberapa kiat untuk menjaga kopling anda tetap awet.

1. Hindari Menginjak Setengah Kopling

Pastinya anda sering melakukan hal yang satu ini. Menginjak setengah kopling biasanya dilakukan pada saat anda terjebak dalam jalanan yang macet atau pada saat anda sedang melaju pelan di jalan yang menanjak. Akibat dari kebiasaan menginjak setengah kopling ini ternyata tidak baik, karena akan membuat kopling menjadi cepat rusak. Apabila anda sedang melaju pada jalanan yang macet, usahakan jangan menginjak setengah kopling dan gunakan rem tangan untuk membantu mobil agar tetap bisa berjalan pelan.

2. Jangan Menginjak dan Melepas Pedal Kopling Dengan Kasar

Dalam menggunakan kopling pastinya harus dilakukan dengan cara yang baik dan benar, jangan menginjak dan melepas pedal kopling secara kasar. Misalnya saja melepas kopling pada saat transmisi belum dipindahkan secara sempurna, hal tersebut akan membuat sentuhan plat kopling terhadap flywheel terasa lebih keras sehinga kopling akan menjadi cepat aus.

3. Jangan Meletakkan Kaki di Pedal Kopling

Mungkin sebagian besar dari anda juga sering melakukan hal ini, yaitu meletakkan kaki pada pedal kopling. Ternyata, jika anda sering melakukan hal tersebut akan membuat release bearing dan plat kopling menjadi cepat aus. Oleh karena itu, usahakan agar anda tidak meletakkan kaki di pedal kopling.

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan agar kopling pada mobil menjadi lebih awet dan tidak cepat rusak, semoga bermanfaat.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY