Mengenal Lebih Jauh Tentang Lampu Halogen, HID, dan LED Pada Mobil

Mengenal Lebih Jauh Tentang Lampu Halogen, HID, dan LED Pada Mobil

2249
0
BERBAGI

Headlamp pada mobil biasanya menggunakan lampu berjenis Halogen, HID, maupun LED. Masing-masing jenis lampu tersebut tentu saja mempunyai perbedaan, oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami akan mencoba menerangkan lebih jauh masing-masing dari lampu tersebut.

– Lampu Halogen

Lampu Halogen

Jenis lampu ini terbuat dari kaca kuarsa yang tipis namun tahan panas. Selain itu, pada lampu ini juga ditambahkan sedikit gas halogen seperti ioidin dan bromin. Lampu Halogen memiliki rata-rata usia hidup antara 500-1.000 jam, sedangkan suhu warna yang dihasilkan jenis lampu ini antara 3.000 -3.200 kelvin. Daya output lampu halogen mencapai 55 watt, jika lebih dari itu akan membuat lampu menjadi cepat panas.

– Lampu HID

Lampu HID

Lampu HID atau High Intensity Discharge terbuat dari campuran logam langka dan unsur gas yang bisa menghasilkan cahaya putih. Lampu jenis ini mempunyai tingkat cahaya 2-3 kali lebih terang dari lampu Halogen. Walaupun cahaya yang dihasilkan lebih terang dari Halogen, namun watt yang dibutuhkan lebih kecil, yaitu 35 watt. Usia hidup lampu HID bisa mencapai 2.000 jam.

– Lampu LED

Lampu LED

Light Emitting Diodes atau lebih dikenal dengan LED memang tidak seterang lampu HID, namun LED bisa mencapai pijar jutaan per detik apabila dibandingkan dengan lampu Halogen. Saat lampu LED digunakan sebagai indikator lampu rem mobil, ternyata bisa membuat pengemudi di belakang menjadi lebih cepat bereaksi sekitar 30%. Apabila lampu LED digunakan sebagai headlamp, usia hidupnya bisa mencapai 15.000 jam. Keuntungan menggunakan lampu LED adalah lampu jenis ini mengkonversi energi menjadi cahaya, bukan menjadi energi panas, berbeda dengan lampu Halogen yang mengkonversi energi menjadi panas.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY