5 Desain Pintu Supercar yang Unik

5 Desain Pintu Supercar yang Unik

5132
0
BERBAGI

Supercar kerap diidentikkan dengan teknologi tinggi, kecepatan dan eksterior yang ganas. Tak hanya itu, pabrikan supercar kelas atas juga tak segan untuk memberikan polesan-polesan unik guna menambah kesan berbeda dan eksklusif. Salah satu elemen yang cukup unik untuk diulik adalah desain pintu yang nyeleneh tidak berpatokan pada standar pintu mobil secara umum. Berikut ini beberapa tipe pintu yang jamak ditemui pada supercar mewah dari pabrikan ternama.

1. Scissor Door

scissor

Desain pintu jenis Scissor Door (pintu gunting, lebih dikenal juga sebagai Lamborghini Door atau Lambo Door) adalah salah satu yang paling terkenal dan menjadi semacam trademark pintu Lamborghini. Meski demikian, mobil pertama yang menggunakan desain ini justru mobil konsep milik Alfa Romeo, Carabo 1968. Lamborghinilah yang kemudian lebih dulu menerapkannya dalam mobil produksi untuk Lamborghini Countach.

Lamborghini membatasi penggunaan pintu ini hanya pada varian V12 seperti Lamborghini Diablo, Murcielago, Reventon, Aventador dan Veneno. Walaupun demikian ada juga mobil lain yang mengadopsinya, seperti Bugatti EB110, Spyker C8, Spyder C12 Zagato, Vector M12 dan W8.

2. Gull-Wing Door

gullwing

Engsel pintu jenis Gull-Wing Door (pintu sayap camar) terletak dan bertumpu pada bagian atap. Pintu jenis ini jika dibuka secara penuh ke atas akan terlihat seperti sayap burung camar, sesuai dengan julukannya.

Mercedes-Benz 300 SL dikenal sebagai perintis desain pintu sayap camar. Beberapa supercar lain yang juga menggunakannya antara lain Gumpert Apollo, Mercedes Benz SLS AMG dan tentunya Pagani Huayra.

3. Butterfly Door

butterfly

Sistem pintu kupu-kupu (Butterfly Door) memungkinkan pintu digerakkan arah luar lalu ke atas untuk meningkatkan akses, sehingga di ruang sempit pun pengemudi bisa leluasa keluar masuk mobil. Beberapa supercar seperti McLaren F1, McLaren P1, 12C (coupe dan spider), Ferrari Enzo, LaFerrari, Saleen S7, Mercedes-Benz SLR McLaren (coupe dan roadster) menerapkan pintu ini.

4. Raptor Door

raptor

Koenigsegg adalah satu-satunya supercar di dunia yang menggunakan Raptor Door. Pintu ini menggunakan sistem dihedral synchro-helix yang membuat desain pintu ini unik dan menakjubkan, meskipun kalah populer dari Lambo Door milik Lamborghini.

5. Canopy Door

kanopi

Lamborghini Egoista adalah salah satu suprcar yang memakai desain pintu jenis Canopy Door (pintu kanopi) . Dari bentuk dan cara kerjanya, tipe ini lebih menyerupai kanopi pesawat tempur dibandingkan sebuah pintu.

Mobil lain yang menggunakan konsep desain pintu serupa adalah Saab Aero-X 2006 concept car, Maserati Birdcage 75th 2005 concept car, Volkswagen 1-litre car 2002 dan sebagainya.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY