Begini Cara Membaca Kode Produksi dan Ukuran Pada Ban Mobil

Begini Cara Membaca Kode Produksi dan Ukuran Pada Ban Mobil

2853
0
BERBAGI

Otopedia kali ini akan membahas tentang cara membaca kode produksi dan ukuran pada ban. Jika anda perhatikan, pada setiap ban kendaraan pasti terdapat sebuah kode yang terletak di bagian bibir ban (dekat dengan velg). Kode tersebut misalnya saja X3612, tahukah anda apa arti dari kode tersebut? Kode X3612 tersebut berarti ban diproduksi pada minggu ke-36 pada tahun 2012.

Kode Produksi Ban Mobil

Setiap produsen ban menuliskan kode yang berbeda-beda, ada yang 5 digit atau 7 digit. Tetapi 4 digit angka di belakang selalu menandakan minggu dan tahun ban tersebut diproduksi.

Layaknya makanan, ban juga ternyata mempunyai waktu kadaluwarsa, yaitu 3 tahun. Apabila ban sudah melewati masa kadaluwarsa tentu saja akan sangat berbahaya, kompon ban akan mengeras dan mengakibatkan daya cengkram ban ke aspal berkurang. Ada satu cara mudah yang bisa anda lakukan untuk memeriksa kelayakan kompon ban, yaitu dengan cara menancapkan ujung kuku pada kompon ban, jika masih ada cekungan itu berarti ban masih layak digunakan.

Selain terdapat kode produksi, pada setiap ban juga pasti terdapat kode ukuran. Sebagai contoh, ban berukuran 175/70R13 82H. Kode tersebut dapat dibaca sebagai berikut:

– Angka 175 menunjukan kode lebar telapak ban dalam satuan milimeter, semakin besar angkanya maka telapaknya juga semakin lebar.

– Angka 70 menunjukan kode tinggi ban dalam satuan persen (%) dari telapak ban. Tinggi ban yang dimaksud adalah tinggi dari bibir velg hingga permukaan ban, semakin kecil angkanya maka jarak dari bibir velg ke permukaan ban semakin dekat.

– Huruf R menunjukan kode konstruksi ban Radial.

– Angka 13 diartikan sebagai kode diameter velg yang sesuai.

– Angka 82 menunjukan kode beban maksimum yang bisa ditopang oleh tiap ban. Angka tersebut memiliki load index sebesar 475 kg.

– Huruf H menunjukan kode batas kecepatan maksimum yang bisa dicapai ban ini, dimana untuk huruf H berarti mempunyai kecepatan maksimum 210 km/jam.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY