5 Tips Membeli Mobil Bekas

5 Tips Membeli Mobil Bekas

718
0
BERBAGI

Walaupun saat ini banyak mobil baru yang dijual dengan harga yang sangat murah, namun pasar mobil bekas masih saja ramai. Banyak penggemar roda empat yang lebih memilih membeli mobil bekas daripada mobil baru yang berharga murah. Namun, mengingat yang dibeli adalah mobil bekas, tentunya ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar tidak salah memilih.

Mobil Dijual

Jika ada dari anda yang berencana untuk membeli mobil bekas, berikut akan kami berikan beberapa tips agar anda tidak salah membeli mobil bekas.

1. Pengecekan Kondisi Mesin

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah melakukan pengecekan terhadap mesin mobil, baik kebersihan maupun kehalusan suaranya. Buka terlebih dahulu kap mobil dan periksa kebersihan mesin mobil, karena jika mesin mobil bersih itu berarti pemilik mobil rajin merawat mobilnya. Lihat juga apakah ada oli yang merembes keluar, karena jika ada rembesan oli berarti ada bagian pada mesin yang bocor.

Selain itu, coba perhatikan suara mesin mobil, jika suara mesinnya halus itu berarti mesin masih dalam kondisi bagus. Namun, jika suara mesinnya terdengar kasar itu berarti ada sesuatu yang tidak beres.

2. Pemeriksaan Bodi Mobil

Pastikan bodi mobil masih dalam keadaan yang mulus. Perhatikan apakah ada bekas penyok pada bodi mobil apa tidak, karena jika ada bekas penyok itu berarti mobil pernah menabrak sesuatu. Jangan lupa untuk memperhatikan cat, hindari memilih mobil yang catnya sudah terkelupas atau sudah pudar. Pastikan pula pada bodi mobil tidak banyak terdapat dempul, cara untuk mengetahuinya cukup mudah, yaitu dengan menempelkan magnet kecil pada bodi mobil. Apabila magnet tidak menempel, itu berarti mobil tersebut mempunyai lapisan dempul yang tebal.

3. Periksa Sistem Kelistrikan

Hal lainnya yang tidak kalah penting adalah memeriksa sistem kelistrikan. Anda bisa menghidupkan berbagai komponen yang berhubungan dengan kelistrikan, apabila komponen tersebut masih berfungsi normal itu berarti sistem kelistrikan mobil masih berfungsi dengan baik.

4. Lakukan Test Drive

Apabila memungkinkan, jangan lupa untuk melakukan test drive terhadap mobil yang akan anda beli. Anda bisa memacunya pada kecepatan antara 40-60 km/jam. Pada kecepatan itu pastikan mobil bisa melaju dengan sempurna dan rasakan bagaimana handling-nya, apakah masih nyaman atau terasa berat ke salah satu sisi. Selain itu, jangan lupa untuk memeriksa fungsi pengereman apakah masih berfungsi normal apa tidak.

 5. Cek Kelengkapan Surat-Surat Kendaraan

Apabila anda sudah memeriksa semua bagian dan anda sudah yakin untuk membeli mobil tersebut, hal terakhir yang harus anda periksa adalah kelengkapan surat-surat dan keabsahan dari surat tersebut. Untuk memeriksa keabsahan surat-surat kendaraan tersebut anda bisa melakukan pengecekan ke kantor Samsat setempat.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY