Pengertian dan Cara Kerja Turbocharger Pada Mesin Mobil

Pengertian dan Cara Kerja Turbocharger Pada Mesin Mobil

2705
0
BERBAGI

Otopedia kali ini akan membahas tentang turbocharger yang terdapat pada mesin mobil. Anda mungkin sering mendengar istilah turbocharger, sebuah turbocharger pada dasarnya mampu menambah atau meningkatkan tenaga mesin secara instan.

Turbocharger merupakan sistem yang mampu memaksa atau mengkompres udara ke dalam ruang bakar, dengan begitu mesin bisa memperoleh banyak udara di dalam ruang bakar. Semakin banyak udara yang masuk maka akan membuat pembakaran menjadi semakin sempurna dan bahan bakar menjadi lebih efisien, sehingga bisa mendapatkan tenaga yang lebih banyak dari setiap ledakan yang dihasilkan di ruang bakar.

Turbocharger

Turbocharger sendiri biasanya terpasang pada saluran gas buang (exhaust manifold) dari mesin mobil. Nantinya gas buang dari ruang bakar akan memutar turbin. Turbin tersebut terhubung dengan kompresor melalui sebuah penghubung yang disebut shaft.

Gas buang akan melewati kipas turbin dan menyebabkan turbin berputar, jika semakin banyak gas buang yang melewati kipas turbin maka turbin akan berputar semakin cepat, sehingga kompresor akan berputar lebih cepat dan udara yang masuk ke ruang bakar menjadi lebih banyak.

Cara Kerja Turbocharger

Turbocharger ternyata juga mempunyai kelemahan, yaitu tidak dapat memberikan dorongan tenaga secara cepat pada saat kaki menginjak pedal gas atau yang biasa disebut dengan turbo lag. Kira-kira membutuhkan waktu satu detik bagi turbin untuk membangkitkan kecepatannya sebelum kompresi udara yang diinginkan tercipta, atau dengan kata lain saat menginjak pedal gas maka akan ada delay sampai turbocharger bekerja, jika turbocharger sudah bekerja nanti akan ada hentakan tenaga yang terjadi.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY