Mengenal Lebih Jauh Tentang Fungsi Dan Cara Kerja Airbag Pada Mobil

Mengenal Lebih Jauh Tentang Fungsi Dan Cara Kerja Airbag Pada Mobil

3650
0
BERBAGI

Fungsi airbag pada sebuah mobil tentunya sangat penting, itu karena airbag berfungsi untuk melindungi daerah kepala, leher, dan juga dada pengemudi atau penumpang. Airbag sendiri akan mengembang dari dalam roda kemudi maupun dari dashboard mobil beberapa milidetik setelah terjadi tabrakan dan akan segera mengempis dengan sendirinya.

Airbag mempunyai beberapa nama teknis, seperti Supplementary Restraint System (SRS), Air Cushion Restraint System (ACRS), dan Supplemental Inflatable Restraint (SIR). Berikut akan kami jelaskan cara kerja dari airbag yang ada dalam mobil.

Cara Kerja Airbag

Ketika mobil mengalami tabrakan, sensor yang ada pada mobil tersebut akan mengirimkan sinyal ke modul kontrol dan akan membuat airbag mengembang. Sensor ini juga berfungsi untuk mengukur kecepatan dan tingkat keparahan benturan. Modul kontrol pada airbag sendiri merupakan sebuah komputer kecil, dan komputer tersebut juga berfungsi untuk menerima data benturan dari sensor.

Apabila terjadi benturan, modul akan mengirimkan sinyal ke pemicu atau dikenal juga dengan istilah igniter. Igniter sendiri merupakan sebuah perangkat listrik yang memiliki kawat tipis. Saat arus listrik mengalir melalui kawat, kawat tersebut akan menjadi panas dan membakar propelan airbag yang terdiri dari azida natrium. Pembakaran azida natrium tersebut lantas akan menghasilkan gas nitrogen yang membuat airbag mengembang.

Airbag Mobil

Setelah kepala pengemudi atau penumpang membentur airbag, nitrogen yang ada dalam airbag tersebut akan keluar sehingga airbag bisa mengempis dengan sendirinya.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY