Toyota Uji Mobil Personal i-Road di Tokyo

990
0
BERBAGI

Toyota Motor Corporation baru saja melakukan pengujian pada mobil personalnya yang dinamai i-Road pada hari Jumat (10/4/2015) lalu di kota Tokyo. Toyota menawarkan langsung pada warga kota Tokyo untuk menjajal mobil listrik itu mengelilingi kota.

toyota-i-road-01
Mobil personal yang memadukan antara fungsi sepeda motor dengan mobil ini rencananya akan disewakan selama enam bulan. Operator car sharing Park24 Co.Ltd digandeng untuk keperluan penyewaan ini. Konsep penyewaan ini bertujuan untuk mengetahui manfaat kendaraan personal di tengah kota yang kerap terjadi macet dan memiliki lahan parkir yang terbatas.

Pihak Toyota mengungkapkan alasan dibalik pengembangan i-Road terkait dengan data yang didapat Toyota bahwa sekitar 70 persen dari mobil di kota-kota besar hanya ditumpangi oleh satu orang, dan sebagian besar hanya menempuh perjalanan sekitar 10 kilometer saja. Ini berarti moda transportasi tidak harus mobil.

toyota-i-road-concept-car_100420694_l

Meskipun moda transportasi personal sebagai salah satu alternatif transportasi di perkotaan yang rawan macet mulai dilirik banyak produsen mobil, Toyota sendiri masih belum memutuskan untuk memproduksi mobil ini. Padahal, pabrikan besar macam Daimler AG telah melepas mobil listrik mungil Smart ForTwo dengan sistem sewa pada sekitar 1 juta orang di Amerika Utara dan Eropa. Tak hanya itu, Ford juga mengumumkan ketertarikannya untuk membuat Ford Smart Mobility yang ramah lingkungan, lengkap dengan konsep car sharing di London.

Penasaran dengan performa mobil mungil ini? Simak videonya berikut ini

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY