Subaru Impreza Diperiksa Terkait Permasalahan Pada Sistem Pendeteksi Penumpang

Subaru Impreza Diperiksa Terkait Permasalahan Pada Sistem Pendeteksi Penumpang

689
0
BERBAGI

Akhir-akhir ini kabar kurang menyenangkan menimpa Subaru, dimana mobil sedan produksi mereka, yaitu Impreza mengalami permasalahan pada bagian airbag. Pihak National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) mendapatkan laporan sebanyak 26 kasus terkait hal tersebut, dan akhirnya mereka memutuskan untuk melakukan investigasi lebih lanjut.

Permasalahan yang menimpa Subaru Impreza terkait dengan sistem pendeteksi penumpang pada bagian jok depan yang terkoneksi dengan modul airbag deployment. Sistem tersebut bertugas untuk membedakan antara penumpang dewasa dengan penumpang anak kecil. Apabila yang duduk di jok penumpang depan adalah anak kecil, maka airbag tidak akan mengembang guna menghindari terjadinya cedera pada anak tersebut. Namun, apabila penumpangnya adalah orang dewasa, maka airbag akan mengembang sebagaimana mestinya untuk melindungi penumpang dari cedera parah.

Subaru Impreza

Berdasarkan laporan yang diterima oleh NHTSA, yang terjadi malah sebaliknya, dimana airbag tidak mengembang walaupun yang menjadi penumpang di jok depan adalah orang dewasa. Laporan tersebut menyebutkan jika permasalahan terjadi ketika penumpang sedang dalam kondisi berkeringat atau sedang mengenakan baju yang basah, laporan yang lain menyebutkan jika sistem tidak bekerja hanya lantaran penumpang sedang bersandar pada kursi, sementara hanya ada satu laporan yang menyebutkan jika sistem sama sekali tidak berfungsi walaupun penumpang depan tidak dalam kondisi basah maupun tidak sedang bersandar di kursi.

Sampai sejauh ini, kemungkinan besar penyebab tidak berfungsinya sensor pendeteksi penumpang pada Subaru Impreza disebabkan oleh kondisi lembab dari penumpang. Hal tersebut dikarenakan Subaru menggunakan sensor kapasitansi elektrostatik untuk jok depan sebagai pendeteksi jenis penumpang, berbeda dengan sensor pada umumnya yang menggunakan sensor berat badan.

Subaru Amerika menjelaskan bahwa, ketika air atau benda apapun yang mengandung kadar air tinggi tumpah di jok bagian depan, maka airbag dirancang untuk tetap off sampai jok kering. Berdasarkan penjelasan tersebut, tidak heran bila kasus di atas terjadi, mengingat sebagian besar laporan menyebutkan jika permasalahan timbul lantaran kondisi penumpang depan sedang dalam keadaan basah.

Subaru Impreza

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY