Mesin Naturally Aspirated

Mesin Naturally Aspirated

5300
0
BERBAGI

Beberapa waktu lalu Aston Martin Vulcan disebut-sebut sebagai mobil dengan mesin naturally aspirated (NA) paling kuat di dunia. Sebenarnya, apa sih mesin NA itu?

Pada dasarnya, naturally aspirated adalah mesin yang dipakai pada mobil secara umum. Sesuai namanya, mesin ini mengisap udara secara normal sesuai daya hisap piston mesin, dengan tekanan atmosfer biasa, tanpa tambahan turbo atau supercharge.

Udara yang dihisap melalui throtle body (bagian dari sistem asupan udara yang mengontrol jumlah udara yang mengalir ke dalam mesin) dihasilkan oleh daya hisap piston di waktu turun dengan posisi intake valve terbuka. Hal ini berarti tidak ada udara yang dipaksakan masuk dengan dibantu oleh suatu alat.

Keuntungan NA, mesin ini pada umumnya lebih handal ketimbang mesin yang diinduksi paksa (forced induction) dan tidak membutuhkan banyak pemeliharaan karena perinsip kerjanya yang sederhana tanpa banyak alat tambahan seperti pada mesin turbo atau supercharge. Tetapi apabila anda bermaksud untuk membangun mesin berperforma tinggi dengan metode naturally aspirated, maka anda akan berpikir ulang jika ingin menggunakannya sebagai kendaraan harian (daily use), karena konsumsi bahan bakarnya meningkat, sejalan dengan bertambahnya part pendukung seperti throttle body dan bore up/stroke up piston.

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY