Ingin Beralih Ke Bahan Bakar Pertalite? Perhatikan Hal Ini Terlebih Dahulu

Ingin Beralih Ke Bahan Bakar Pertalite? Perhatikan Hal Ini Terlebih Dahulu

1669
0
BERBAGI

Bulan Mei tahun 2015 mendatang PT Pertamina (Persero) akan meluncurkan jenis bahan bakar baru, yakni Pertalite. Bahan bakar tersebut mempunyai RON sebesar 90, lebih besar bila dibandingan dengan premium yang mempunyai RON sebesar 88. Apabila anda berencana untuk beralih dari Premium ke Pertalite, maka ada hal yang perlu anda perhatikan, yaitu melakukan penyetelan ulang agar pembakaran menjadi lebih sempurna.

Mengingat setiap mobil mempunyai kemampuan yang berbeda-beda dalam melakukan adaptasi terhadap penggunaan RON, maka anda harus melihat sistem pengolahan bahan bakar dan pengapian pada mobil anda. Sistem pengolahan bahan bakar pada mobil pada dasarnya dibagi ke dalam tiga jenis, yakni sistem mekanikal, semi komputerisasi, dan full komputerisasi.

Isi Bensin

Mobil yang masih mengusung sistem mekanikal biasanya merupakan mobil keluaran tahun 90 ke bawah serta masih menggunakan karburator dan platina, sehingga untuk melakukan penyetelan harus dilakukan secara manual.

Sedangkan untuk sistem semi komputerisasi biasanya diusung oleh mobil-mobil keluaran tahun 1990-1999. Dalam sistem ini, penyetelan secara mekanis dan komputerisasi harus dilakukan untuk menyesuaikan pembakaran agar bisa lebih sempurna.

Sistem pengolahan bahan bakar full komputerisasi digunakan oleh mobil-mobil baru, mulai keluaran tahun 2000 ke atas. Pada mobil ini peran ECU sangatlah penting dalam mengatur suplai bahan bakar, dengan begitu penyetelan juga dilakukan menggunakan komputer.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY