5 Manfaat Mengisi Ban Dengan Gas Nitrogen

5 Manfaat Mengisi Ban Dengan Gas Nitrogen

648
0
BERBAGI

Saat ini pengisian ban mobil menggunakan gas Nitrogen sudah menjadi hal yang lumrah. Hampir di setiap SPBU besar sudah menyediakan fasilitas pengisian gas Nitrogen. Pengisian ban menggunakan gas Nitrogen tentunya mempunyai beberapa keuntungan bila dibandingkan dengan pengisian ban menggunakan gas Oksigen, dan berikut adalah 5 keuntungan dari pengisian ban menggunakan gas Nitrogen.

Nitrogen Ban

1. Tekanan gas pada ban menjadi lebih stabil dan tahan lama

Penggunaan gas Nitrogen akan membuat tekanan gas pada ban menjadi lebih stabil, hal itu disebabkan molekul Nitrogen lebih besar dari molekul Oksigen, sehingga akan membuat molekul Nitrogen sulit keluar dari ban.

2. Membuat konsumsi bahan bakar menjadi hemat

Ban yang diisi menggunakan gas Nitrogen ternyata mampu membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit. Apabila tekanan gas pada ban optimal, permukaan ban akan menempel ke permukaan jalan dengan sempurna, dengan begitu konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit sekitar 3,3 persen.

3. Mobil lebih mudah dikendalikan

Tekanan ban yang optimal akan membuat ban bisa menapak dengan sempurna pada permukaan jalan, hal tersebut mengakibatkan mobil akan lebih mudah dikendalikan. Selain itu, ban juga akan mempunyai daya cengkeram yang lebih baik.

4. Temperatur suhu ban lebih stabil

Suhu Nitrogen dikatakan lebih rendah daripada suhu Oksigen, dengan begitu suhu ban menjadi lebih stabil dan ban akan terhindar dari risiko ban meletus.

5. Membuat ban menjadi lebih awet

Penggunaan gas Oksigen untuk pengisian ban bisa membuat karet ban menjadi keras dan cepat habis, hal itu dikarenakan adanya proses oksidasi yang terjadi pada dalam ban. Sedangkan penggunaan gas Nitrogen tidak akan menimbulkan oksidasi dan mampu membuat usia ban meningkat sebesar 25 persen.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY