Penyebab Kaca Mobil Macet dan Bagaimana Cara Merawatnya

Penyebab Kaca Mobil Macet dan Bagaimana Cara Merawatnya

2948
0
BERBAGI

Hadirnya sistem power window pada mobil membuat pengguna lebih mudah untuk menaik-turunkan kaca pintu, pengguna hanya cukup menekan tombol dan kaca akan naik atau turun secara otomatis. Namun seiring dengan berjalannya waktu, tidak menutup kemungkinan bahwa kaca tersebut akan mengalami macet.

Ada beberapa penyebab terjadinya kaca pintu yang macet, diantaranya:

1. Jalur Kaca Yang Kotor

Debu yang menempel pada jalur kaca dan jika tidak segera dibersihkan ternyata bisa membuat kaca menjadi macet. Bahkan jika dibiarkan terlalu lama dapat merusak komponen lain, seperti motor power window, kaca, dan regulator.

2. Kerusakan Pada Motor Power Window

Fungsi dari motor power window adalah untuk menggerakan regulator yang terkait dengan kaca, sehingga kaca bisa dinaikkan atau diturunkan. Apabila motor power window rusak ada cara mudah yang bisa dilakukan untuk mengetahuinya, yaitu dengan mendengarkan suara motor. Bila saat tombol power window ditekan dan tidak ada suara motor, itu berarti motornya sudah rusak. Namun masih ada kemungkinan lainnya, yaitu adanya kerusakan pada sistem kelistrikan mobil sehingga listrik tidak mengalir ke motor power window.

3. Kerusakan Pada Regulator Power Window

Fungsi dari regulator adalah sebagai penghubung antara motor power window dan kaca. Regulator sendiri ada yang berjenis gerigi dan kabel. Kerusakan pada regulator berjenis gigi antara lain gerigi sudah tipis dan bentuknya sudah tidak presisi lagi, sedangkan regulator berjenis kabel biasanya kabelnya sudah putus. Jika regulator sudah rusak tidak ada cara untuk memperbaikinya, sehingga harus diganti.

Kaca pada pintu mobil yang macet disebabkan oleh tiga kerusakan di atas, oleh karena itu kaca mobil harus diperiksa dan dibersihkan secara rutin, terutama pada jalur kaca. Anda bisa membersihkan jalur kaca dengan cara melumuri jalur kaca menggunakan shampo mobil, setelah itu naik dan turunkan kaca hingga shampo menyebar rata.

Membersihkan Kaca Pintu Mobil

Selain itu anda juga harus membersihkan karet yang ada pada jalur kaca, anda bisa melumurinya dengan shampo mobil atau bisa juga dengan cairan pembersih karet yang mengandung silikon.

Membersihkan Karet Pada Kaca Pintu Mobil

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY