Mengenal Lebih Jauh Tentang PCD dan Offset Pada Velg Mobil

Mengenal Lebih Jauh Tentang PCD dan Offset Pada Velg Mobil

2844
0
BERBAGI

Saat hendak mengganti velg mobil, hal yang harus diperhatikan selain desain dari velg itu sendiri adalah PCD dan Offset. Mungkin anda sering mendengar istilah tersebut, tapi tahukah anda arti dari keduanya?

PCD merupakan singkatan dari Pitch Circle Diameter. PCD sendiri dapat diartikan sebagai jarak antara satu lubang baut dengan lubang baut yang lainnya pada satu garis lurus. Ukuran PCD sendiri sangat penting, apabila PCD velg tidak sesuai dengan spesifikasi ukurannya, maka velg tersebut tidak akan bisa dipasangkan pada mounting velg di mobil.

PCD Velg

PCD pada velg dituliskan berbeda-beda, seperti 4×100 yang berarti baut berjumlah 4 buah dengan jarak diameter antar baut 100 mm. Contoh lainnya adalah 4×114.3, yang berarti baut berjumlah 4 buah dengan jarak diameter antar baut 114.3 mm.

Sedangkan yang dimaksud dengan offset adalah jarak penampang pada velg dengan bagian tengah velg. Bila ukuran offset semakin kecil, maka penampang dalamnya semakin tebal sehingga membuat velg akan semakin keluar dari fender mobil.

Offset dapat dituliskan dengan kode berupa tanda positif (+), negatif (-), dan nol. Bila pada velg terdapat kode 19 x 8J ET40 dan PCD 4/114.3, maka dapat dibaca diameter lingkaran velg berukuran 19 inci dengan lebar velg berukuran 8 inci, dan memiliki offset +40 mm (offset positif) dan memiliki 4 baut yang jarak diameter pola lingkaran posisi baut adalah 114.3 mm.

Offset Velg

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY