Mengetahui Ciri-Ciri Mobil Yang Harus Dilakukan Spooring dan Balancing

Mengetahui Ciri-Ciri Mobil Yang Harus Dilakukan Spooring dan Balancing

5908
0
BERBAGI

Otopedia kali ini akan membahas lebih jauh tentang spooring dan balancing. Bagi anda pemilik kendaraan roda empat, melakukan spooring dan balancing pada roda mobil pastinya sangat dibutuhkan, bahkan sebisa mungkin harus dilakukan secara berkala.

Spooring sendiri secara umum adalah membuat posisi roda kanan dan kiri menjadi selaras, hal ini bertujuan untuk membuat setir menjadi ringan dan tidak berat sebelah (condong belok ke kanan/kiri). Sedang yang dimaksud dengan balancing adalah meluruskan roda depan dengan roda belakang atau parallel.

Spooring dan Balancing

Mobil yang membutuhkan spooring dan balancing mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:

1. Kemudi terasa tidak nyaman karena berat sebelah, bahkan terkadang saat dibelokkan tidak mau berputar ke posisi semula.

2. Timbulnya getaran pada roda kemudi yang mengganggu kenyamanan mengemudi. Biasanya keausan lebih cepat terjadi pada roda depan, itu karena roda depan terhubung langsung dengan kemudi.

3. Pada saat berjalan lurus, kemudi terasa berbelok dengan sendirinya.

4. Periksa keausan pada ban mobil, bila timbul keausan yang tidak wajar dan timbul benjolan, itu berarti mobil anda harus segera diperiksa.

Agar mobil anda tetap terasa nyaman untuk dikendarai, ada beberapa hal yang bisa anda lakukan, di antaranya:

1. Melakukan spooring dan balancing secara berkala sesuai dengan yang tertulis pada buku panduan mobil anda.

2. Rotasi ban harus dilakukan secara benar dan teratur. Hal tersebut bertujuan agar keausan yang terjadi pada ban bisa merata. Apabila mobil anda mengusung jenis penggerak 4 roda, anda bisa melakukan rotasi ban setiap 5.000 kilometer.

3. Sebelum melakukan spooring dan balancing, periksa terlebih dahulu kondisi kaki-kaki pada mobil, seperti suspensi, velg, ban, dan sebagainya.

4. Jangan menggunakan ban bekas, walaupun harganya murah namun penggunaan ban bekas bisa menimbulkan risiko terhadap keselamatan anda.

5. Apabila ban mobil anda bocor atau mengalami pecah ban, pastikan langsung diganti dengan ban serep yang mempunyai ukuran ban yang sama.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY