Begini Cara Membuat AC Pada Mobil Agar Menjadi Awet

Begini Cara Membuat AC Pada Mobil Agar Menjadi Awet

1178
0
BERBAGI

Fungsi Air Conditioner atau AC pada mobil memang sangat penting, dengan adanya AC maka kabin akan selalu terasa sejuk sehingga penumpang tidak akan merasa kepanasan. Namun, AC yang digunakan secara terus-menerus pasti lama kelamaan akan mengalami kerusakan, bahkan tidak jarang kita temukan mobil-mobil yang baru berusia 2-3 tahun sudah mengalami kerusakan pada bagian AC.

Berikut akan kami berikan beberapa cara yang bisa dilakukan agar AC pada mobil anda menjadi lebih awet.

1. Memeriksa AC secara rutin

Sebisa mungkin luangkan waktu untuk selalu memeriksa AC mobil anda. Lakukan pemeriksaan rutin maksimal 6 bulan sekali. Anda bisa melakukan pemeriksaan dengan cara yang sederhana, yakni merasakan hembusan angin yang dikeluarkan, masih dingin apa tidak dan mendengarkan suaranya apakah masih halus apa tidak. Anda juga bisa rutin membersihkan kisi-kisi pada AC dari debu dan kotoran yang menempel.

Merasakan Hembusan Angin AC

2. Hindari mematikan AC dalam jangka waktu yang lama

Banyak orang yang beranggapan jika penggunaan AC hanya akan membuat bahan bakar menjadi boros, sehingga mereka tidak pernah menghidupkan AC, bahkan untuk jangka waktu yang lama. Namun, apabila AC tidak dihidupkan dalam jangka waktu yang lama ternyata itu akan membuat AC menjadi lebih cepat rusak. Hal itu lantaran selang dan belt AC menjadi cepat kering dan cepat getas.

3. Operasikan AC dengan benar

Banyak orang yang mengaktifkan AC pada saat mobil mulai melaju atau pada saat putaran mesin tinggi, ternyata hal itu merupakan sebuah kesalahan karena menyebabkan putaran pulley menjadi tinggi. Nantinya, gesekan antara pressure plate dan pulley akan terus terjadi, sehingga kedua komponen tersebut menjadi cepat aus.

Selain itu, banyak orang yang langsung menghidupkan AC padahal udara pada kabin masih panas. Sebaiknya keluarkan terlebih dahulu udara yang ada pada kabin baru kemudian AC dinyalakan. Bila AC langsung dinyalakan itu hanya akan membuat kinerja AC menjadi lama untuk mendinginkan kabin.

4. Selalu matikan AC terlebih dahulu sebelum mematikan mesin mobil

Hal terakhir yang harus anda lakukan adalah pastikan anda mematikan AC terlebih dahulu sesaat sebelum anda mematikan mesin mobil. Bila AC masih aktif pada saat mesin akan dihidupkan maka hentakan terhadap clutch akan lebih besar.

Mengontrol AC Mobil

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY