Begini Cara Mendeteksi Kerusakan Shock Absorber Pada Mobil Anda

Begini Cara Mendeteksi Kerusakan Shock Absorber Pada Mobil Anda

5454
0
BERBAGI

Kehadiran shock absorber atau peredam kejut pada sektor kaki-kaki mobil memang sangat penting, hal itu karena shock absorber ikut menentukan tingkat kenyamanan dari mobil tersebut. Tidak hanya itu saja, shock absorber juga bisa menentukan kemampuan bermanuver serta tingkat keamanan dari sebuah mobil.

Sokbreker Mobil

Namun, letaknya yang susah digapai membuat shock absorber terkadang lupa diperhatikan oleh para pemilik mobil dan akibatnya pemilik tidak mengetahui jika shock absorber sudah mengalami tanda-tanda kerusakan.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan tips mudah agar anda bisa mendeteksi kerusakan pada shock absorber mobil.

1. Melihat Kondisi Fisik

Hal pertama yang bisa anda lakukan untuk mendeteksi kerusakan pada shock absorber mobil adalah mengamati fisik dari shock absorber tersebut. Apabila anda menemukan adanya rembesan oli di sekitar as dan tabung shock absorber, itu berarti shock absorber mobil anda sudah rusak.

Selain itu, jika anda melihat karet pelindung debu sudah sobek, sebaiknya segera diganti. Karena jika ada debu yang masuk di antara as dan sil tabung shock absorber maka hal tersebut akan menyebabkan kebocoran. Anda juga bisa mengetahui kerusakan pada shock absorber dengan cara memarkirkan mobil di permukaan yang rata, apabila mobil cenderung condong ke satu sisi, itu berarti shock absorber sudah rusak. Ban mobil yang habisnya tidak rata juga mengindikasikan jika shock absorber sudah mulai lemah.

2. Coba Untuk Dikemudikan

Cara selanjutnya adalah dengan mengemudikan mobil anda pada kecepatan tinggi, bila mobil terasa melayang itu berarti shock absorber pada mobil mengalami masalah dan mobil akan sulit untuk dikendalikan. Selain itu, bila shock absorber sudah mulai bermasalah, maka pada saat anda melewati gundukan yang berjajar mobil akan bergoyang ke kanan dan kiri serta bantingan shock absorber akan lebih dari satu kali.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY