Empat Hal Yang Harus Anda Perhatikan Agar Ban Mobil Menjadi Lebih Awet

Empat Hal Yang Harus Anda Perhatikan Agar Ban Mobil Menjadi Lebih Awet

1049
0
BERBAGI

Fungsi ban pada sebuah kendaraan, dalam hal ini adalah mobil, pasti sangat penting. Jika tidak ada ban, maka mobil tersebut tidak akan bisa berjalan dengan sempurna. Nah, seiring dengan berjalannya waktu dan semakin sering digunakan, ban juga pasti akan mengalami keausan. Bila ban sudah aus atau habis, maka ban tersebut harus segera diganti dengan ban baru agar tidak menimbulkan dampak yang tidak diinginkan.

Ban Mobil

Tetapi ada beberapa hal yang bisa anda perhatikan agar ban pada mobil bisa menjadi lebih awet, seperti:

1. Kecepatan Berkendara

Kecepatan berkendara ternyata berpengaruh terhadap gaya gesek ban. Bila mobil melaju semakin cepat, maka ban juga akan semakin cepat habis. Oleh karena itu, usahakan agar anda selalu berkendara pada kecepatan normal.

2. Kebiasan Mengemudi

Kebiasaan mengemudi yang agresif ternyata juga dapat mengakibatkan ban mobil menjadi lebih cepat habis. Usahakan jangan mengerem mobil secara mendadak atau menikung pada kecepatan tinggi.

3. Perhatikan Keadaan Mekanisme Ban

Keadaan mekanisme ban ini berkaitan dengan spooring ban. Anda harus melakukan spooring ban mobil secara berkala setiap 10.000 km, hal ini berguna agar kondisi toe, camber, dan caster tetap seimbang. Bila keadaan mekanisme ban tidak tepat, maka kinerja ban akan semakin berat dan menyebabkan ban menjadi cepat habis.

4. Perhatikan Tekanan Angin

Mengecek Kondisi Angin

Hal terakhir dan paling mudah yang bisa anda perhatikan adalah selalu mengecek tekanan angin pada ban. Usahakan agar tekanan angin selalu sesuai dengan ukuran tekanan yang tertera pada ban.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY