Apa Itu Engine Mounting Yang Ada Pada Mobil?

Apa Itu Engine Mounting Yang Ada Pada Mobil?

3387
0
BERBAGI

Mungkin ada beberapa dari anda yang sudah tidak asing lagi dengan istilah yang satu ini, yakni engine mounting. Tapi tahukah anda apa arti dari engine mounting itu sendiri? Apabila ada dari anda yang belum mengetahui istilah engine mounting, maka otopedia kali ini akan membahas lebih jauh tentang komponen tersebut.

Engine mounting dapat diartikan sebagai dudukan mesin. Fungsi dari komponen ini tentunya juga sangat penting, karena berguna untuk meredam getaran yang ditimbulkan oleh mesin agar tidak merembet ke bodi atau sasis mobil.

Engine Mounting

Sedangkan untuk posisi engine mounting juga berbeda-beda antara satu mobil dengan mobil yang lainnya. Hal itu tergantung dari masing-masing produsen dalam merancang mobilnya, mengingat mesin mobil bisa ditempatkan di bagian depan, kolong, tengah, maupun belakang.

Engine mounting diletakkan menempel pada sasis mobil, tujuannya agar bobot mesin bisa ditopang dengan kuat. Semakin banyak engine mounting yang dipasang maka akan semakin kuat dalam menopang mesin, namun getaran yang ditimbulkan juga akan semakin terasa.

Para produsen mobil sendiri pada umumnya menggunakan karet sebagai bahan dasar pembuat engine mounting, itu karena sifat dari karet yang elastis sehingga mampu digunakan untuk meredam getaran mesin. Namun berbeda dengan mobil sport, engine mounting pada mobil jenis ini biasanya dibuat dari material polyurethane.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY