Freightliner Uji Truk Semi-Autonomous Pertama yang Melintas di Jalanan

Freightliner Uji Truk Semi-Autonomous Pertama yang Melintas di Jalanan

1135
0
BERBAGI

Anak perusahaan Daimler AG yang berkonsentrasi pada pembuatan truk trailer, Freightliner, dikabarkan telah menguji truk trailer semi-autonomous Freightliner Inspiration miliknya di Nevada, Amerika Serikat. Truk semi tanpa sopir ini sekaligus menjadi truk semi-autonomous yang melaju pertama di dunia.

Freightliner-Inspiration-Truck-2

Pemilihan lokasi uji di Nevada bukan tanpa sebab. Salah satu negara bagian di Amerika Serikat itu memang mempunyai undang-undang khusus yang memberi izin untuk kendaraan otonom beroperasi di jalanan.

Freightliner-Inspiration-autonomous-semi-truck-101-876x535

Truk ini tidak sepenuhnya berjalan otomatis, karena dalam beberapa kondisi masih memerlukan peran langsung seorang sopir di balik kemudi seperti saat melintas di perkotaan atau tepian kota yang padat dan berlintasan sulit. Bagusnya, operasi kemudi tersebut cukup dilakukan pada kontrol otomatis yang ditanamkan dalam program di sebuah tablet. Jadi sopir tak perlu memegang kemudi.

Cara kerja truk ini berbasis pada informasi yang dikirimkan oleh sensor radar dan kamera. Perangkat itu akan merekam jalur yang dilalui serta situasi dan kondisi jalanan di sekitarnya untuk kemudian diteruskan pada sistem otonomnya. Dengan adanya truk ini, diharapkan kedepannya mampu membantu mengurangi kelelahan pengemudi.

Meskipun truk semi otonom ini merupakan sebuah lompatan bagus bagi industri truk, kekhawatiran pada mahalnya biaya masih menjadi momok tersendiri. Maklum, truk ini membutuhkan penanganan sopir profesional yang pastinya tak murah. Belum lagi persoalan regulasi dan kesiapan si sopir sendiri untuk menggunakan teknologi semi otonom tersebut.

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY