Hyundai Sonata Berulang Tahun Ke-30

Hyundai Sonata Berulang Tahun Ke-30

980
0
BERBAGI

Genap sudah 30 tahun usia Hyundai Sonata sejak diperkenalkan pertama kali pada tahun 1985 sebagai sedan dengan penggerak roda belakang. Hingga kini, tercatat 7,3 juta unit Sonata terjual di seluruh dunia dari 7 generasi yang sudah diperkenalkan.

ultah sonata

Hyundai Sonata mulai melakukan ubahan pada generasi keduanya dengan menerapkan sistem penggerak roda depan yang diaplikasikan juga untuk generasi-generasi selanjutnya.

Berbagai macam penyempurnaan terus dilakukan pada generasi selanjutnya hingga mencapai titik balik pada Sonata generasi pada generasi kelima (2004) yang disebut-sebut menjadi awal lahirnya Sonata era modern berkat penerapan berbagai teknologi baru, termasuk teknologi pembangun kerangka bodi dan kabin yang berlanjut ke Sonata generasi keenam (2009) dimana Hyundai memperkenalkan filosofi desain Fluidic Sculpture.

Generasi ketujuh diperkenalkan tahun 2014 pada gelaran New York Auto Show. Sonata paling bontot ini bermesin empat silinder 2.4 liter GDI yang menghasilkan tenaga 185 Hp dengan torsi 241 Nm serta 4 silinder 2.0 liter turbo yang bertenaga 245 Hp dan 352 Nm. Tak cuma itu, ada juga tipe hybrid yang memiliki mesin GDI empat silinder 2.0 liter bertransmisi otomatis 6-percepatan dengan motor listrik yang terintegrasi. Tipe ini menelurkan kombinasi keluaran tenaga sebesar 193 Hp.

hyundai sonata eksterior

Di Amerika Serikat, Hyundai Sonata menyumbang sepertiga penjualan dari total 7,3 juta unit secara global. Bagaimana dengan kiprahnya di Indonesia? Meskipun pernah masuk secara resmi, namun keberadaannya saat ini jarang ditemui lagi. Kita lihat saja kedepannya.

hyundai sonata inside

Selamat ulang tahun, Hyundai Sonata!

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY