Mengenal Jenis-Jenis Aliran Modifikasi Sistem Audio Pada Mobil

Mengenal Jenis-Jenis Aliran Modifikasi Sistem Audio Pada Mobil

5937
0
BERBAGI

Fungsi audio pada mobil memang bisa dibilang penting karena bisa digunakan untuk menghibur penumpang yang ada di dalamnya. Walaupun pada dasarnya hanya berfungsi sebagai media hiburan, nyatanya banyak pemilik mobil yang menaruh perhatian khusus pada sektor ini. Tidak sedikit sistem audio pada mobil yang dimodifikasi sedemikian rupa guna menghasilkan kualitas suara yang maksimal.

Audio Mobil

Modifikasi sistem audio pada mobil sendiri dibagi menjadi beberapa aliran, seperti SPL (Sound Pressure Level), SQL (Sound Quality Loud), SQ (Sound Quality),  serta Car Theater.

1. SPL (Sound Pressure Level)

Aliran modifikasi sistem audio SPL pada dasarnya mengutamakan suara bass yang besar dan kencang. Ciri dari aliran modifikasi ini adalah jumlah subwoofer yang hanya sedikit, biasanya hanya berjumlah 1 atau 2 saja, namun dengan spesifikasi khusus SPL seperti penggunaan box subwoofer ber-volume besar. Sedang untuk speaker biasanya hanya digunakan di bagian depan saja. Untuk power amplifier yang dipakai adalah power amplifier dengan tenaga yang besar sehingga bisa mengalirkan suara ke subwoofer secara maksimal.

2. SQL (Sound Quality Loud)

Ciri dari aliran modifikasi ini adalah penggunaan speaker dan subwoofer dalam jumlah yang banyak. Box subwoofer juga tidak berukuran besar seperti pada aliran SPL. Selain itu, sistem audio yang menganut aliran SQL lebih menonjolkan keseimbangan antara speaker dan subwoofer.

3. SQ (Sound Quality)

Untuk jenis aliran modifikasi SQ lebih mengutamakan detail suara, semua frekuensi suara harus terdengar jelas dan jernih. Ciri dari sistem audio SQ adalah penggunaan speaker 3-way, head unit yang digunakan merupakan head unit berkualitas, terdapat prosesor yang berfungsi untuk mengatur time alignment agar suara bisa berkumpul di tengah, memakai power amplifier yang juga berkualitas, serta penggunaan subwoofer khusus untuk aliran SQ. Tidak hanya itu saja, biasanya mobil yang menganut aliran ini juga sudah dilengkapi peredam suara yang ditempelkan di beberapa bagian (pintu, langit-langit, dashboard, bagasi, dan lantai). Hal itu dimaksudkan agar suara dari luar tidak masuk ke dalam kabin mobil. Kabel-kabel yang digunakan juga merupakan kabel berkualitas tinggi serta adanya komponen pasif cross-over agar suara yang dihasilkan terdengar mewah.

4. Car Theater

Mobil yang mengusung aliran modifikasi sistem audio Car Theater bisa dilihat dari  disematkannya televisi, DVD Player, centre speaker untuk surround sistem, konsol game, dan perangkat lainnya. Tujuan dari aliran ini adalah untuk menghibur para penumpang yang berada di dalam mobil.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY