Cara Benar Mengerem Mobil Yang Tidak Menggunakan Sistem ABS

Cara Benar Mengerem Mobil Yang Tidak Menggunakan Sistem ABS

2235
0
BERBAGI

Peran rem pada sebuah kendaraan bisa dibilang sangat vital, tanpa adanya rem maka kendaraan tersebut akan melaju terus dan tidak bisa dipaksa untuk berhenti. Akibatnya tentu saja sangat fatal karena bisa menyebabkan kecelakaan.

Mengingat peran rem yang sangat penting, beberapa produsen otomotif lantas berusaha untuk mengembangkan sistem pengereman, hingga kini munculah sistem pengereman ABS (Anti-Lock Braking System). Sistem rem ABS ini sudah banyak diaplikasikan pada mobil-mobil keluaran terbaru, walaupun nyatanya masih ada beberapa mobil yang belum mengusung sistem keamanan tersebut.

Rem Tromol

ABS sendiri berfungsi untuk mencegah terjadinya penguncian pada ban saat pengemudi melakukan hard braking yang bisa mengakibatkan ban kehilangan traksi. Mudahnya, saat pengemudi menginjak rem dalam-dalam, roda mobil tidak akan mengunci sehingga mobil masih bisa dikendalikan. Hal itu karena rem melakukan penguncian dan pelepasan secara berulang-ulang dengan sangat cepat, sehinga ban masih mempunyai traksi.

Lantas bagaimanakah cara benar mengerem mobil yang belum menggunakan sistem ABS? Sangat mudah, anda harus mengerem menggunakan teknik pulse. Teknik ini pada dasarnya meniru sistem rem ABS, yakni menginjak rem dan melepaskan pedal rem secara cepat dan berulang-ulang, dengan begitu ban mobil tidak akan kehilangan traksi.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY