Pengertian Mesin VTEC Dan Apa Saja Kelebihan Serta Kekurangannya

Pengertian Mesin VTEC Dan Apa Saja Kelebihan Serta Kekurangannya

1910
0
BERBAGI

Otopedia kali ini akan membahas tentang apa itu mesin VTEC dan apa saja kelebihan serta kekurangannya. VTEC (Variable Valve Timing and Lift Electronic Control) merupakan teknologi pengatur katup canggih yang berhasil dikembangankan oleh Honda. Keunggulan dari teknologi VTEC terdapat pada kemampuan mesin bersilinder kecil dalam menghasilkan tenaga yang sama besarnya dengan mesin bersilinder besar. Walaupun tenaga yang dihasilkan tergolong besar, konsumsi bahan bakar ternyata lebih efisien dan tingkat polusi gas buang juga lebih rendah.

Mesin VTEC

Pada teknologi VTEC, pengaturan ketinggian bukaan katup sudah dilakukan secara elektronik. Saat berada pada putaran rendah, satu katup akan terbuka penuh dan katup lainnya hanya akan terbuka sedikit untuk menciptakan efek perputaran udara di dalam ruang bakar, sehingga mampu mencapai tenaga mesin yang optimal dan akselerasi yang lebih responsif.

– Keunggulan Mesin VTEC

1. Dengan mesin bersilinder kecil tapi tenaga yang dihasilkan sama besarnya dengan mesin bersilinder besar.

2. Tingkat konsumsi bahan bakar lebih efisien.

3. Baik pada putaran rendah maupun pada putaran tinggi, performa mesin akan tetap selalu optimal.

4. Proses pembuangan tidak memerlukan pembukaan katup variable, sehingga kerja mesin akan lebih ringan.

– Kekurangan Mesin VTEC

Kinerja mesin VTEC bisa terganggu jika oli mesin berkurang, kotor, atau tekanan oli sangat rendah. Oleh karena itu pemilik mobil produksi Honda yang sudah mengusung mesin VTEC harus selalu rajin mengontrol oli mesin.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY