Otomotif menjadi salah satu topik yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Banyak hal menarik dan inspiratif yang terjadi di dunia otomotif, baik dari segi produk, teknologi, maupun pengalaman pengguna. Berikut adalah dua berita otomotif yang populer di bulan Februari 2024.

Perempuan yang Naik Motor Listrik dari Bandung ke Bali

Annisa Zahra Pratiwi, atau yang akrab disapa Icha, adalah seorang perempuan yang memiliki hobi naik motor, terutama motor trail. Ia bekerja sebagai karyawan di sebuah perusahaan swasta di Bandung, dan saat ini sedang cuti untuk mengikuti sebuah program yang menantang.

Program tersebut adalah menguji ketahanan dari dua motor listrik buatan SMEV, sebuah perusahaan otomotif lokal yang fokus pada kendaraan ramah lingkungan. Icha bersama dengan beberapa peserta lainnya, melakukan perjalanan dari Bandung ke Denpasar dengan menggunakan motor listrik SMEV EM-T, yang modelnya seperti motor trail.

Perjalanan tersebut berlangsung selama tujuh hari, mulai dari tanggal 17 hingga 23 Februari 2024. Rute yang ditempuh adalah dari Eiger Bandung ke Cilacap, lalu ke Yogyakarta, Bromo, Malang, Situbondo, Banyuwangi, dan akhirnya ke Denpasar. Selama perjalanan, Icha dan peserta lainnya harus mencari tempat untuk mengisi ulang baterai motor listrik mereka, yang rata-rata bisa menempuh jarak sekitar 100 km per sekali isi.

Icha mengaku senang dan bangga bisa menjadi bagian dari program tersebut. Ia mengatakan bahwa motor listrik SMEV EM-T sangat nyaman dan tangguh untuk diajak berpetualang. Ia juga merasakan sensasi yang berbeda saat naik motor listrik, yang lebih tenang dan hemat biaya.

"Motor listrik ini sangat cocok untuk anak muda yang suka traveling dan peduli lingkungan. Saya merasa lebih dekat dengan alam dan masyarakat sekitar, karena tidak ada polusi suara dan asap. Saya juga bisa menghemat pengeluaran, karena biaya isi baterai jauh lebih murah daripada bensin," ujar Icha.

Icha berharap bahwa program ini bisa menjadi inspirasi bagi banyak orang, khususnya perempuan, untuk lebih berani dan percaya diri dalam mengejar mimpi dan hobi mereka. Ia juga berharap bahwa motor listrik bisa menjadi pilihan transportasi yang lebih populer di Indonesia, karena memiliki banyak keuntungan bagi pengguna dan lingkungan.

Sigra Pimpin Pasar Mobil Nasional Januari 2024, Xpander ke-10

Daihatsu Sigra berhasil memimpin penjualan kendaraan roda empat atau lebih di pasar nasional pada bulan pertama tahun ini, Januari 2024. Menurut data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo), mobil murah bertitel Low Cost Green Car (LCGC) ini terjual sebanyak 5.659 unit secara wholesales (dari pabrik ke dealer).

Jumlah tersebut turun 14,8 persen dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya, yaitu 6.644 unit. Namun, perlambatan distribusi Sigra masih di bawah level penurunan penjualan mobil nasional yang mencapai 26,1 persen year-on-year (yoy) dari 94.270 unit menjadi 69.619 unit pada Januari 2024.

Posisi terlaris kedua ditempati oleh Honda Brio (termasuk Satya dan RS) yang terjual sebanyak 5.356 unit secara wholesales, turun 26,9 persen yoy dari 7.328 unit. Posisi ketiga diisi oleh Toyota Kijang Innova dengan total penjualan 5.279 unit, turun 21,5 persen yoy dari 6.724 unit.

Di posisi keempat dan kelima, ada dua model Daihatsu lainnya, yaitu Gran Max yang terjual 3.894 unit, turun 9,8 persen yoy dari 4.317 unit, dan Ayla yang terjual 3.889 unit, turun 29,2 persen yoy dari 5.495 unit. Adapun produk yang menutup posisi 10 mobil terlaris di Indonesia pada Januari 2024 adalah Mitsubishi Xpander dengan penjualan 2.045 unit, turun 50,4 persen yoy dari 4.123 unit.

Mobil keluarga ini harus puas berada di urutan terbawah, karena kalah bersaing dengan model lainnya, seperti Toyota Avanza (3.889 unit), Toyota Rush (2.711 unit), Toyota Agya (2.082 unit), dan Daihatsu Terios (1.972 unit). Selain itu, Xpander juga mendapat saingan baru dari Wuling Binguo EV, mobil listrik yang terjual sebanyak 1.876 unit pada bulan pertama 2024.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini