Tips Cara Merawat Ban Serep Mobil Agar Lebih Awet

Tips Cara Merawat Ban Serep Mobil Agar Lebih Awet

1987
0
BERBAGI

Setiap mobil pasti dibekali dengan komponen kelengkapan yang satu ini, yakni ban serep. Hal itu bukannya tanpa sebab, mengingat ban serep memang mempunyai peran yang sangat penting, terlebih pada saat ban mobil bocor/kempes di jalan.

Mengingat perannya yang sangat penting itulah, maka para pemilik mobil juga harus memperhatikan dan merawat ban serep agar selalu dalam kondisi bagus dan bisa lebih awet.

Merawat ban serep tentu bukanlah sesuatu hal yang sulit untuk dilakukan, oleh karena itu ada baiknya jika anda melakukan perawatan komponen kelengkapan yang satu ini secara berkala.

Perawatan yang paling mudah adalah selalu membersihkan ban serep yang ada pada mobil anda, terlebih untuk ban serep yang disimpan di kolong bawah mobil. Hal ini berguna jika sewaktu-waktu anda terpaksa harus menggunakan ban serep, maka ban serep tersebut sudah dalam kondisi bersih.

Ban Serep

Selain itu, pastikan bahwa tekanan angin ban serep yang tersimpan di mobil selalu sesuai dengan ukuran tekanan yang dianjurkan oleh pabrikan. Anda bisa melihat ukuran tekanan tersebut di bagian dalam pintu depan sebelah kanan.

Anda bisa melakukan pengecekan tekanan angin ban serep ini setidaknya satu bulan sekali. Bila tekanan angin ban serep kurang, maka biasanya pada bagian dinding ban akan melekuk.

Hal penting lainnya yang harus anda lakukan adalah bila ban serep memiliki ukuran yang sama, maka ban serep tersebut juga harus dirotasi seperti keempat ban lainnya. Tapi dengan catatan bahwa ban serep yang baru dipakai harus dipasangkan di bagian depan sebelah kanan. Hal itu dilakukan dengan tujuan untuk menjaga tingkat keausan ban supaya merata.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY