Mengenal Mesin VVT-i Buatan Toyota

Mengenal Mesin VVT-i Buatan Toyota

1354
0
BERBAGI

Bagi anda mungkin istilah mesin VVT-i sudah terdengar akrab di telinga. Tapi apakah anda tahu apa itu mesin dengan teknologi VVT-i? VVT-i sendiri merupakan kependekan dari Variable Valve Timing with intelligence. Mesin dengan teknologi ini pertama kali diperkenalkan oleh Toyota pada tahun 1996. Mesin VVT-i menggantikan mesin VVT Toyota yang sudah mulai digunakan mulai tahun 1991.

Mesin VVT-i

Toyota mengklaim jika teknologi ini mampu membuat mesin menjadi lebih efisien dan bertenaga serta bahan bakar menjadi hemat dan ramah lingkungan. Cara kerja mesin VVT-i sendiri tergolong sederhana, dimana untuk menghitung valve timing atau waktu buka tutup katup yang optimal, ECU melakukan penyesuaian dengan kecepatan mesin, banyaknya udara yang masuk, temperatur air, serta posisi throttle.

Supaya target valve timing selalu tercapai, sensor posisi crankshaft atau chamshaft memberikan sinyal sebagai respon koreksi. Mudahnya, sistem VVT-i akan terus mengoreksi valve timing atau jalur keluar masuk bahan bakar dan udara, disesuaikan dengan pijakan pedal gas dan beban yang ditanggung. Hal itu dilakukan demi menghasilkan torsi optimal di setiap putaran.

Berikut merupakan keunggulan mesin dengan teknologi VVT-i:

1. Menghasilkan tenaga yang optimal pada tiap putaran mesin.

Sistem katup yang digunakan membuat proses pembakaran menjadi lebih efektif, sehingga tenaga yang dihasilkan maksimal.

2. Bahan bakar lebih hemat.

Hal ini diakibatkan oleh pengaturan katup secara elektronik, yang membuat konsumsi bahan bakar lebih hemat dan efisien.

3. Lebih ramah lingkungan.

Suplai bahan bakar dan udara yang diatur oleh sistem kerja katup yang diusung membuat pembakaran menjadi lebih sempurna, sehingga gas buang yang dikeluarkan bisa lebih bersih.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY