Mobil listrik Mazda MX-30 yang sudah diperkenalkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 akan segera meluncur di Indonesia tahun 2024. Hal ini diungkapkan oleh Marketing & Communication General Manager PT Eurokars Motor Indonesia (EMI), Pramita Sari, yang merupakan distributor resmi Mazda di Indonesia.

Mazda MX-30 adalah mobil listrik berbasis baterai alias battery electric vehicle (BEV) yang memiliki desain stylish dan sporty. Mobil ini memiliki tampilan fascia ‘Kodo’ yang jadi ikon Mazda saat ini. Mobil ini juga memiliki desain pintu ala mobil sport ikonik, RX-8. Mobil ini bahkan memenangi penghargaan Japan Design Car of the Year (JDCOTY) pada 2020.

Mazda MX-30 dibekali motor listrik e-SkyActiv dengan baterai kapasitas 35,5 kWh yang dapat menempuh jarak 209 km dalam satu kali pengecasan penuh. Motor listrik yang diusung oleh mobil ini diklaim bertenaga 144 dk dan torsi 264 Nm.

Mengenai harga, Mazda MX-30 diprediksi akan dibanderol sekitar Rp 490 juta untuk model standar. Namun, jumlah mobil yang dijual tidak banyak. Pramita Sari mengatakan, "Nggak banyak (jumlahnya). Kalau ada yang mau, kita bisa sediakan."

Mazda MX-30 akan menjadi mobil listrik pertama yang dijual oleh Mazda di Indonesia. Sebelumnya, Mazda belum memasarkan mobil listrik full baterai di Indonesia. Managing Director PT EMI, Ricky Thio, mengatakan bahwa Mazda tidak ingin mengikuti tren mobil listrik yang saat ini sedang ramai di Indonesia. Menurutnya, Mazda masih harus melalui tahapan-tahapan sampai benar-benar siap menjual mobil listrik di Indonesia.

Mazda MX-30 juga sudah tidak dilanjutkan penjualannya di Amerika Serikat. Hal ini dikarenakan jarak tempuh mobil ini dianggap kurang cocok untuk negara yang besar, jalan lebar dan panjang. Namun, di Eropa, mobil ini masih diminati karena cenderung pendek-pendek perjalanannya.

Mazda MX-30 diharapkan dapat menarik minat konsumen Indonesia yang mencari mobil listrik yang berbeda dari yang lain. Mobil ini menawarkan desain yang cantik, performa yang tangguh, dan teknologi yang canggih. Mazda MX-30 juga menunjukkan komitmen Mazda untuk mendukung energi bersih dan ramah lingkungan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini