Perbandingan All New Honda Jazz dengan All New Toyota Yaris

Perbandingan All New Honda Jazz dengan All New Toyota Yaris

5282
0
BERBAGI
Honda Jazz yang beredar di Indonesia saat ini (Foto: Honda)

Persaingan segmen mobil hatchback di tanah air bisa dibilang hanya didominasi oleh dua pemain besar, yakni Honda Jazz dan Toyota Yaris. Kedua mobil tersebut memang bisa memikat para konsumen tanah air, sehingga tidak heran jika populasi keduanya terbilang sangat banyak.

Baik Honda maupun Toyota sama-sama melakukan perombakan besar-besaran untuk Jazz dan Yaris generasi terbaru. Kedua mobil tersebut kini sama-sama tampil semakin menggoda dan menawarkan berbagai macam keunggulan-keungulan.

All New Toyota Yaris

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami akan mengajak anda untuk melakukan perbandingan antara All New Honda Jazz dengan All New Toyota Yaris.

– Desain

Hal pertama yang akan kita bahas adalah mengenai desain kedua mobil tersebut. Baik All New Honda Jazz maupun All New Toyota Yaris sama-sama mengusung desain baru yang sangat berbeda dari generasi sebelumnya, keduanya tampil sporty sekaligus juga stylish.

Untuk All New Honda Jazz, headlamp mobil ini dilengkapi LED projector dengan auto leveling yang bisa menyorot obyek di depannya dengan lebih tajam. Berlanjut ke bagian belakang, tersemat sporty tailgate spoiler yang dipadukan dengan LED High Mount Stop Lamp. Selan itu juga terdapat LED Combi Stop Lamp.

Sedangkan untuk All New Toyota Yaris juga sama-sama mengusung headlamp LED projector. Bagian belakang mobil ini juga didesain dengan gaya yang cukup sporty, bahkan untuk Yaris tipe TRD Sportivo juga sudah dilengkapi dengan roof spoiler dan juga rear bumper spoiler.

– Mesin

All New Honda Jazz mengusung mesin i-VTEC DOHC 4-silinder berkapasitas 1.496 cc. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 132 PS pada putaran 6.000 rpm dan torsi sebesar 154.8 Nm pada putaran 4.800 rpm. Tenaga yang dihasilkan lantas disalurkan melalui transmisi manual 5-percepatan dan otomatis CVT 6-percepatan. Mesin yang diusung oleh All New Honda Jazz juga masih sama dengan mesin Honda Jazz generasi sebelumnya.

Sedang untuk All New Toyota Yaris dibekali dengan mesin 1 NZ-FE DOHC VVT-i 4-silinder berkapasitas 1.497 cc. Mesin mobil ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 109 PS pada putaran 6.600 rpm dan torsi sebesar 141 Nm pada putaran 4.800 rpm. Tenaga yang dihasilkan akan dipadukan melalui sistem transmisi manual 5-percepatan atau otomatis 4-percepatan. Mesin yang diusung mobil ini juga sama dengan mesin Yaris lama. Untuk perawatan mesinnya sendiri juga lebih irit, karena mesin ini juga berbagi platform dengan Toyota Vios.

Berdasarkan data di atas, jelas jika All New Honda Jazz memiliki tenaga dan torsi yang lebih besar dari All New Toyota Yaris.

– Dimensi

All New Honda Jazz memiliki dimensi (panjang x lebar x tinggi) 3.955 mm x 1.695 mm x 1.525 mm, sedangkan untuk All New Toyota Yaris memiliki dimensi (panjang x lebar x tinggi) 4.115 mm x 1.700 mm x 1.475 mm. Berdasarkan hal tersebut, jelas sudah jika All New Toyota Yaris memiliki dimensi yang lebih besar dari All New Honda Jazz, sehingga penumpang yang mempunyai badan berukuran besar bisa merasa lega. Selain itu, ground clearance All New Toyota Yaris juga lebih tinggi dari All New Honda Jazz, dimana untuk All New Toyota Yaris memiliki ground clearance 149 mm dan All New Honda Jazz 135 mm.

– Fitur Keselamatan

All New Honda Jazz mengusung beberapa fitur keselamatan terkini, di antaranya G-Force Control Technology (G-CON)+ACETM, Anti-Lock Braking System (ABS), Electronic Brake-Force Distribution (EBD), Dual Airbags, dan ISOFIX.

Sedangkan All New Toyota Yaris mengusung fitur-fitur keselamatan berupa 3 Point seatbelt with Pretensioner & Force Limiter, Dual SRS Airbags, Body Frame kokoh, Whiplash Injury Lessening (WIL), Anti Lock Breaking System (ABS), Electronic BrakeForce Distribution (EBD), serta Brake Assist (BA). 

– Konsumsi Bahan Bakar

Konsumsi bahan bakar All New Honda Jazz mencapai angka 12,8 km per liter, sedang untuk konsumsi All New Yaris mencapai angka 11,9 km per liter.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY