Mercedes-Benz adalah salah satu merek mobil paling terkenal di dunia, yang identik dengan kemewahan, elegan, dan inovasi. Namun, tahukah anda bagaimana sejarah asal mula nama Mercedes-Benz? Siapa yang pertama kali menggunakan nama Mercedes untuk mobil? Dan bagaimana dua perusahaan otomotif Jerman bersatu menjadi Mercedes-Benz?

Nama Mercedes, Warisan dari Emil Jellinek

Nama Mercedes berasal dari nama putri seorang pengusaha Austria yang tinggal di Nice, Perancis, yaitu Emil Jellinek. Jellinek adalah seorang penggemar balap mobil, yang sering ikut serta dalam perlombaan mobil di awal abad ke-20. Dia mencari mobil yang bisa berlari kencang dan tangguh, dan tertarik dengan mobil yang diproduksi oleh Daimler Motoren Gesellschaft (DMG), sebuah perusahaan otomotif yang didirikan oleh Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach pada 1882 di Cannstatt, Stuttgart.

Pada 1897, Jellinek pergi ke Cannstatt untuk membeli mobil Daimler yang bisa menghasilkan tenaga 6 PK dan melaju hingga 38,4 kilometer per jam. Dia kemudian memesan lebih banyak mobil dari DMG, dengan syarat bahwa mobil-mobil tersebut harus memiliki spesifikasi tertentu sesuai dengan keinginannya, dan diberi nama Mercedes, yang merupakan nama putrinya yang berusia 11 tahun. Jellinek juga membalap dengan mobil-mobil tersebut, dan berhasil memenangkan beberapa perlombaan, sehingga membuat nama Mercedes semakin terkenal.

Pada 1900, Jellinek memesan 36 mobil baru dari DMG, dengan desain yang dibuat oleh Maybach. Mobil-mobil tersebut memiliki mesin yang lebih kuat, yaitu 35 PK, dan bentuk yang lebih aerodinamis. Mobil pertama yang didesain Maybach untuk Jellinek diluncurkan pada 22 Desember 1900, dan disebut sebagai Mercedes 35 hp. Mobil ini dianggap sebagai mobil modern pertama, yang memiliki sasis rendah, suspensi independen, dan roda kemudi. Mobil ini juga menjadi mobil pertama yang menggunakan nama Mercedes sebagai merek dagang, yang dipatenkan oleh DMG pada 1902.

Nama Benz, Warisan dari Karl Benz

Sementara itu, di Mannheim, Jerman, ada seorang insinyur yang juga menemukan mobil berbahan bakar bensin pertama di dunia, yaitu Karl Benz. Benz mendirikan perusahaannya sendiri, yaitu Benz & Company Rheinische Gasmotoren-Fabriek (Benz & Cie) pada 1883. Pada 1886, Benz mematenkan mobilnya yang disebut sebagai Benz Patent Motorwagen, yang memiliki tiga roda dan mesin satu silinder. Mobil ini dianggap sebagai mobil pertama yang diproduksi secara massal, dan dijual sekitar 25 unit.

Benz kemudian mengembangkan mobilnya menjadi empat roda, dan membuat berbagai inovasi, seperti kopling, transmisi, dan sistem kelistrikan. Pada 1909, Benz memperkenalkan logo bintangnya, yang melambangkan dominasinya di darat, laut, dan udara. Logo ini terinspirasi dari surat yang ditulis oleh Gottlieb Daimler pada 1872, yang menggambarkan bintang di atas rumahnya sebagai simbol masa depan perusahaannya.

Nama Mercedes-Benz, Hasil dari Merger Dua Perusahaan

Pada tahun 1924, Jerman mengalami krisis ekonomi akibat Perang Dunia I, yang membuat industri otomotif mengalami kesulitan. DMG dan Benz & Cie, yang merupakan dua perusahaan otomotif terbesar di Jerman saat itu, memutuskan untuk bekerja sama untuk menghadapi persaingan dari produsen mobil asing, seperti Ford dan General Motors. Mereka membuat perjanjian untuk memproduksi dan menjual mobil bersama-sama, dengan menggunakan merek Mercedes-Benz.

Pada 1926, kedua perusahaan resmi bergabung menjadi Daimler-Benz AG, dan meluncurkan mobil pertamanya yang bernama Mercedes-Benz Typ 630. Mobil ini memiliki mesin enam silinder yang bertenaga 100 PK, dan menjadi mobil mewah yang populer di kalangan orang kaya. Sejak saat itu, Mercedes-Benz terus berkembang dan berinovasi, menciptakan mobil-mobil legendaris, seperti 300 SL Gullwing, 600 Pullman, dan S-Class. Mercedes-Benz juga terlibat dalam balap mobil, dan meraih banyak prestasi, seperti juara Formula 1, Le Mans, dan Rally.

Mercedes-Benz kini merupakan salah satu divisi dari Daimler AG, yang juga memproduksi mobil dengan merek Mercedes-AMG, Mercedes-Maybach, dan Mercedes-EQ. Mercedes-Benz tetap menjadi salah satu merek mobil paling terkemuka di dunia, yang dikenal dengan kualitas, keamanan, dan kemewahan mobilnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini