Mengenal Perbedaan Antara Mesin Hybrid dan Mesin Plug-in Hybrid

Mengenal Perbedaan Antara Mesin Hybrid dan Mesin Plug-in Hybrid

3117
0
BERBAGI

Mengingat isu lingkungan hidup yang kian hari kian mengancam kehidupan manusia serta cadangan minyak bumi yang semakin jauh berkurang setiap tahunnya membuat para produsen otomotif berlomba-lomba untuk menghadirkan mobil yang hemat bahan bakar, hingga kini terciptalah mobil yang mengusung mesin hybrid dan plug-in hybrid.

Mungkin anda sering mendengar istilah tersebut, keduanya memang mirip, namun jelas terdapat perbedaan di antara mesin hybrid dan plug-in hybrid. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan mencoba untuk memberikan penjelasan mengenai perbedaan antara mesin hybrid dengan mesin plug-in hybrid.

Tenaga mobil bermesin hybrid diperoleh dari mesin bensin/solar dan dari baterai. Saat mobil bergerak, putaran yang diakibatkan oleh mesin bensin/solar akan mengisi tenaga baterai. Jika mobil berjalan pelan, maka tenaga yang digunakan berasal dari baterai. Nantinya, tenaga yang berasal dari baterai akan menggerakkan motor listrik sehingga mobil bisa melaju.

hybrid

Sedangkan untuk mesin plug-in hybrid merupakan pengembangan dari mesin hybrid. Mobil yang mengusung mesin jenis ini mempunyai cara kerja yang sama dengan mesin hybrid, hanya saja tenaga baterai mesin plug-in hybrid bisa diisi secara manual dengan cara mencolokkan ke sumber listrik.

Plug-in Hybrid

Untuk mesin plug-in hybrid terdiri dari dua macam, yaitu extended range electric vehicles (EREVs) dan plug-in hybrid electric vehicle (PHEV). Mobil bermesin plug-in hybrid EREVs hanya mengandalkan motor listrik sebagai penggeraknya. Mesin bensin/solar hanya berfungsi untuk mengisi tenaga baterai. Bila tenaga baterai habis, mesin bensin/solar akan langsung bekerja secara otomatis guna menghasilkan tenaga listrik yang akan disimpan di dalam baterai.

Sedangkan untuk mobil yang mengusung mesin plug-in hybrid PHEV menggunakan tenaga penggerak yang berasal baik dari mesin bensin/solar maupun dari motor listrik. Motor listrik hanya bekerja pada saat mobil melaju dengan kecepatan rendah.

Keuntungan mesin hybrid maupun mesin plug-in hybrid tentu terletak pada konsumsi bahan bakar yang lebih irit dan lebih ramah lingkungan bila dibandingkan dengan mesin konvensional.

Untuk kelemahan dari mesin hybrid dan mesin plug-in hybrid terletak pada harga mobil yang jauh lebih mahal dari mobil bermesin konvensional.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY