Mengenal Perbedaan Antara Sistem Penggerak 4WD dengan All Wheel Drive

Mengenal Perbedaan Antara Sistem Penggerak 4WD dengan All Wheel Drive

2027
0
BERBAGI

Bagi anda yang suka dengan dunia otomotif, khususnya mobil, pasti sudah tidak asing lagi jika mendengar istilah 4WD dan All Wheel Drive (AWD). Baik 4WD maupun AWD sama-sama merupakan sistem penggerak roda dan banyak orang yang menganggap jika kedua sistem penggerak roda tersebut sama, padahal keduanya jelas berbeda.

Apabila anda belum mengetahui perbedaan antara sistem penggerak roda 4WD dan AWD, maka pada kesempatan kali ini kami akan mencoba menjelaskan perbedaan di antara keduanya.

Sistem penggerak 4WD biasa disebut juga dengan istilah 4×4. Mobil yang mengusung sistem penggerak jenis ini memiliki tenaga penggerak pada keempat rodanya, sehingga setiap roda mendapatkan traksi penuh pada segala jenis medan jalan. Mobil yang mengusung sistem penggerak jenis ini bisa memilih untuk menggunakan sistem penggerak 4×4 atau 2×4, tergantung dari kondisi jalan yang dilalui. Contoh mobil yang mengusung sistem penggerak 4WD seperti Mitsubishi Strada, Nissan Navara, Toyota Land Cruiser, dan lain sebagainya.

Toyota Land Cruiser

Sedangkan untuk sistem penggerak roda AWD (all wheel drive) pada dasarnya memiliki cara kerja yang mirip dengan sistem penggerak 4WD, hanya saja sistem penggerak AWD selalu menggunakan sistem 4×4, tidak bisa berubah menggunakan sistem 2×4. Mobil-mobil yang sudah mengusung sistem penggerak AWD seperti Chevrolet Captiva varian tertinggi, mobil-mobil produksi Subaru kecuali BRZ, Lamborghini, dan lain-lain.

Subaru WRX

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY