Tips Agar Aki Mobil Menjadi Lebih Awet

Tips Agar Aki Mobil Menjadi Lebih Awet

1432
0
BERBAGI

Aki atau accu merupakan sebuah komponen yang sangat penting bagi kendaraan bermotor atau dalam hal ini adalah mobil, itu karena aki berhubungan langsung dengan sistem kelistrikan pada mobil. Mengingat fungsinya yang sangat penting tersebut, seharusnya pemilik mobil harus lebih memperhatikan aki agar komponen ini bisa lebih awet lagi.

Nah, berikut ini akan kami berikan beberapa tips yang bisa dilakukan agar aki pada mobil anda bisa menjadi lebih awet lagi.

Aki Mobil

1. Selalu matikan komponen yang berhubungan dengan kelistrikan sebelum anda mematikan mesin mobil. Komponen tersebut seperti AC, lampu, sistem audio, dan lain sebagainya.

2. Panaskan mesin mobil anda secukupnya, karena mobil yang jarang digunakan biasanya akan memperpendek umur aki. Tujuan dari memanaskan mesin adalah untuk mengisi muatan listrik aki, sehingga sebisa mungkin panaskan mobil anda secara teratur setiap hari.

3. Apabila saat di-starter mesin tidak mau menyala coba diamkan terlebih dahulu selama kurang lebih 5 detik, baru setelah itu coba di-starter lagi. Hal ini bertujuan agar aki kembali stabil. Jika mesin sudah hidup, segera jalankan mobil agar daya listrik yang telah terpakai bisa terisi lagi.

4. Bila mobil anda menggunakan aki basah, selalu pastikan air aki selalu dalam batas level aman (di antara upper level dan lower level). Jangan sampai mengisi air aki sampai melebihi upper level, karena bisa menyebabkan air aki meluap dan merusak komponen mobil. Pastikan juga agar air aki tidak sampai berada di bawah garis lower level, karena bila tetap digunakan secara terus-menerus maka akan membuat aki menjadi rusak.

5. Usahakan untuk selalu memeriksa terminal aki, karena bila pada bagian ini tidak rapat hal itu bisa menyebabkan terjadinya karat dan aliran arus listrik menjadi tidak sempurna. Bila pada permukaan terminal aki kotor atau berkarat sebaiknya harus segera dibersihkan, anda bisa membersihkannya menggunakan air panas dan sikat gigi. Caranya, siram bagian terminal aki yang kotor dengan air panas baru setelah itu disikat sampai bersih.

6. Hindari penambahan aksesoris mobil yang membutuhkan arus listrik secara berlebihan, misalnya audio dengan power yang besar atau lampu yang terlalu terang, karena hal itu akan menambah konsumsi daya listrik dan bisa membuat aki menjadi cepat boros.

7. Bila mobil anda menggunakan aki kering, maka anda tidak perlu melakukan perawatan khusus terhadap aki tersebut.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY