Mazda CX-60 adalah salah satu model terbaru dari Mazda yang diluncurkan di Indonesia pada Juli 2023. Mobil ini merupakan SUV 5-seater yang menggunakan mesin 3,3 liter inline 6-silinder, e-Skyactiv-G, turbocharged dengan teknologi M-Hybrid Boost (Mild Hybrid System) yang mampu menghasilkan tenaga 280 dk dan torsi 450 Nm. Mobil ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur canggih seperti Mazda Intelligent Drive Select (Mi-Drive), Kinematic Posture Control (KPC), dan transmisi 8-speed automatic.

Mazda CX-60 menyandang predikat mobil termahal Mazda di Indonesia dengan banderol Rp 1.188.800.000. Namun, hal ini tidak mengurangi minat konsumen untuk membeli mobil ini. Menurut data penjualan wholesales Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia), tahun 2023 Mazda CX-60 terjual lebih dari 100 unit. Rinciannya, CX-60 varian Elite terjual 22 unit, sementara varian Kuro terjual 103 unit.

Managing Director Eurokars Motor Indonesia (EMI) Ricky Thio mengatakan bahwa penjualan Mazda CX-60 masih on track. "Tahun lalu kita berhasil menjual 100-an unit. Memang kita harus rasional bahwa CX-60 tentunya tidak sama seperti (market) CX-3. Karena segmentasi, market size, dan orang-orang (pembeli mobil ini) juga beda," kata Ricky di Jakarta belum lama ini.

Ricky juga menjelaskan bahwa Mazda CX-60 menjadi model top on the right Mazda, paling premium, dan tentunya secara teknologi juga paling top. "Mazda CX-60 ini mungkin buat orang yang mapan dan mereka ingin menikmati hidup," ujar Ricky.

Penjualan Mazda CX-60 juga turut mendongkrak kinerja penjualan Mazda secara keseluruhan di Indonesia. PT EMI selaku agen tunggal pemegang merek (ATPM) dan distributor kendaraan Mazda di Indonesia mencatatkan peningkatan penjualan 71,3 persen year-on-year (yoy) sepanjang semester I/2023. Data Gaikindo menunjukkan penjualan Mazda mencapai 2.676 unit pada paruh pertama 2023, naik 71,3 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang sebanyak 1.562 unit.

Marketing & Communication General Manager Eurokars Motor Indonesia Pramita Sari mengatakan, adanya pertumbuhan penjualan terjadi seiring beberapa model baru yang telah dirilis oleh Mazda kian menarik minat konsumen. "Seluruh produk Mazda yang dipasarkan di Indonesia adalah produk yang sama yang dipasarkan di global," ujar Pramita.

Selain itu, Mazda juga menerapkan strategi pemasaran melalui media bisnis dan gaya hidup guna menjangkau dan menarik perhatian dari konsumen secara lebih luas. Mazda juga mengadakan kerja sama dengan brand gaya hidup pada beberapa kolaborasi event, seperti fashion, olahraga, dan lainnya yang turut mendongkrak kinerja penjualan pada semester I/2023.

Dalam hal kepuasan pelanggan, Mazda fokus menyediakan kendaraan dengan pengalaman kendaraan yang membuat pelanggan mendapatkan kepuasan sehingga menyebarkan pengalaman positif dari mulut ke mulut yang turut menarik minat konsumen.

Penjualan Mazda dari segmen compact SUV tercatat mencapai 1.267 unit atau sekitar 47,34 persen dari total penjualan. Berikutnya, penjualan SUV mencapai 711 unit atau sekitar 26,56 persen, dan SUV bongsor sebanyak 178 unit atau sekitar 6,65 persen. Selanjutnya, untuk penjualan dari segmen sedan mencapai 162 unit atau sekitar 6,05 persen dan segmen hatchback sebanyak 50 unit atau sekitar 1,86 persen.

Mazda CX-60 merupakan salah satu produk unggulan Mazda yang menawarkan kualitas premium, performa tinggi, dan teknologi canggih. Mobil ini juga menjadi bukti bahwa Mazda mampu bersaing di pasar mobil Indonesia yang semakin kompetitif.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini