Begini Cara Merawat Power Steering Mobil Agar Bisa Lebih Awet

Begini Cara Merawat Power Steering Mobil Agar Bisa Lebih Awet

1900
0
BERBAGI

Power steering bisa dibilang merupakan komponen yang sangat penting untuk mobil-mobil keluaran baru. Itu karena dengan power steering maka pengemudi bisa membelokkan mobilnya dengan mudah tanpa harus mengeluarkan terlalu banyak tenaga untuk memutar setir.

Akan tetapi seiring dengan berjalannya waktu, power steering juga pasti akan mengalami permasalahan. Power steering yang mengalami permasalahan biasanya ditandai dengan setir yang bergetar dengan sangat kuat atau terdengar bunyi “tek tek” yang memang cukup mengganggu.

power steering

Nah, agar umur power steering pada mobil anda bisa lebih awet, tentunya ada beberapa hal yang harus anda perhatikan, seperti usahakan untuk tidak melintasi jalan yang rusak dan berlubang. Apabila anda terpaksa melewati jalan yang berlubang atau rusak, pastikan anda melaju dengan sangat pelan. Hal itu karena power steering akan cepat rusak akibat guncangan yang keras dan juga hentakan yang keras pada as steering.

Selain itu, usahakan untuk menghindari jalanan dengan genangan air yang cukup tinggi. Hal itu karena motor listrik ditempatkan tepat di atas setir yang sejajar dengan as roda, bila komponen ini terkena air maka tentu saja akan menyebabkan kerusakan dan harus diganti.

Hal lain yang harus anda perhatikan adalah pada saat anda memarkirkan mobil pastikan agar roda selalu dalam keadaan lurus. Itu karena bila roda masih dalam keadaan berbelok pada saat mesin hendak dihidupkan, hal tersebut akan membuat kinerja pompa oli power steering menjadi lebih berat.

Komponen power steering juga memiliki batas waktu pemakaian, biasanya 5 tahun atau setelah mobil menempuh jarak 100.000 kilometer. Bila sudah melebihi batas waktu pemakaian, tentunya komponen ini harus diganti dengan yang baru.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY