Suzuki Jimny adalah mobil legendaris yang sudah hadir sejak tahun 1970. Generasi keempat dari Jimny ini diluncurkan pada tahun 2018 dengan model 3 pintu yang mendapat sambutan positif dari konsumen. Namun, banyak yang berharap Suzuki juga meluncurkan model 5 pintu yang lebih luas dan praktis.

Tahun 2024 ini, Suzuki Jimny 5 pintu sudah dipasarkan di beberapa negara seperti India dan Afrika Selatan. Lalu, bagaimana dengan Indonesia? Apakah Suzuki Jimny 5 pintu akan segera dijual di sini? Dan apakah ada kemungkinan Jimny diproduksi di dalam negeri?

Jimny 5 Pintu: Lebih Panjang, Lebih Luas, Lebih Canggih

Secara tampilan, Suzuki Jimny 5 pintu tidak begitu jauh berbeda dengan versi 3 pintu. Grill di bagian depan berbentuk lima kotak. Namun Jimny 5 pintu menambahkan krom sehingga tampak lebih baru. Secara dimensi, Suzuki Jimny 5 pintu memiliki panjang 3.985 mm, lebar 1.645 mm, dan tinggi 1.720 mm dengan jarak sumbu roda 2.590 mm. Berat mobil ini sekitar 1.200 kg dan kapasitas bahan bakarnya 40 liter.

Dengan dimensi yang lebih panjang, Jimny 5 pintu lebih leluasa sebab punya kabin belakang ukuran penuh yang dapat diisi oleh tiga orang dewasa. Selain itu, ruang bagasi juga lebih besar dan bisa diperluas dengan melipat kursi belakang. Jimny 5 pintu juga dilengkapi dengan cruise control untuk di jalan raya. Di offroad, Jimny didesain melewati berbagai rintangan dan semakin kuat dengan mengaktifkan mode 4WD-nya.

Suzuki Jimny 5 pintu memiliki mesin 1,5 liter yang menghasilkan tenaga 102 hp dan torsi 130 Nm. Mesin ini sama dengan yang digunakan oleh Jimny 3 pintu. Namun, Jimny 5 pintu memiliki pilihan transmisi matic maupun manual serta menawarkan teknologi yang jauh lebih canggih daripada pendahulunya. Beberapa fitur yang ditawarkan antara lain adalah proyektor LED otomatis, sistem infotainment layar sentuh 9 inci, kontrol iklim otomatis, lampu kabut, dan spion elektrik.

Dari sisi keamanan, Suzuki Jimny 5 pintu memasang 6 airbag di sisi kemudi, samping, dan tirai. Kemudian ada juga fitur AEB (Autonomous Emergency Braking) dan Lane Departure Warning (di atas 60 km/jam). Dilansir dari CarSauce, penghematan bahan bakar mobil ini diklaim bisa mencapai efisiensi 6,4 liter untuk menempuh 100 km. Namun pada pengujian, konsumsi bahan bakarnya mencapai 12 liter untuk menempuh 100 km.

Jimny 5 Pintu di Indonesia: Masih Belum Pasti

Meski sudah dipasarkan di beberapa negara, Suzuki Jimny 5 pintu masih belum pasti kapan akan masuk ke Indonesia. Marketing Director 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Harold Donnel mengatakan, pihaknya masih menunggu keputusan dari prinsipal Suzuki di Jepang. Namun, dia tidak menutup kemungkinan Suzuki bakal meluncurkan produk baru lagi tahun ini.

Saat ini, PT SIS masih mengimpor utuh Jimny 5 pintu dari India dan Jimny 3 pintu dari Jepang. Joshi Prasetya, Dept. Head Strategic Planning PT SIS, mengatakan belum ada kemungkinan Jimny diproduksi di Indonesia. Hal ini karena ada minimum quantity yang harus dipenuhi untuk bisa membangun pabrik baru. Selain itu, basis Suzuki Jimny berbeda dengan Suzuki Ertiga maupun XL7 yang sudah diproduksi di Indonesia.

Meski demikian, Harold Donnel mengatakan, apabila masuk ke Indonesia tidak menutup kemungkinan Jimny diproduksi di dalam negeri, seperti Wagon R. Diketahui, Wagon R merupakan kendaraan berbasis Kei Car, namun dalam produksinya disesuaikan dengan pasar Indonesia sebagai mobil LCGC. Namun, hal ini tentu membutuhkan investasi yang besar dan kajian yang matang.

Jimny 5 Pintu: Antara Harapan dan Kenyataan

Suzuki Jimny 5 pintu adalah mobil yang banyak ditunggu-tunggu oleh para penggemar Jimny di Indonesia. Mobil ini menawarkan desain yang keren, performa yang tangguh, dan fitur yang canggih. Namun, ketersediaan dan harga Jimny 5 pintu di Indonesia masih menjadi misteri. Apakah Suzuki akan segera meluncurkan Jimny 5 pintu di sini? Dan apakah Jimny akan diproduksi di dalam negeri? Kita tunggu saja jawaban resmi dari Suzuki.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini