Astra Daihatsu Motor Siap Memproduksi Mobil dengan Material 100 Persen Lokal

Astra Daihatsu Motor Siap Memproduksi Mobil dengan Material 100 Persen Lokal

1651
0
BERBAGI
(Foto: Daihatsu)

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menyatakan kesiapannya dalam memproduksi mobil-mobilnya dengan material lokal 100 persen di masa mendatang. Sebagai informasi, dua pabrik mobil Daihatsu di Sunter dan Karawang masih dibuat dengan 90 persen saja kandungan materi lokalnya. Padahal, kedua pabrik tersebut mampu memproduksi 40 ribu mobil dalam satu bulan dengan merek Daihatsu dan Toyota, termasuk LCGC Daihatsu Ayla dan Toyota Agya.

Pernyataan ini diperkuat oleh Presiden Direktur Astra Daihatsu Motor, Sudirman M Rusdi dalam pertemuan jajaran Daihatsu Motor Company (DMC) dan ADM di kantor pusat Daihatsu di Osaka, Jepang, Selasa (9/6/2015).

daihatsu

Lebih jelasnya, angka 90 persen tersebut menurutnya merupakan angka kotornya saja. Untuk angka bersihnya, masih sekitar 40 persen saja mengingat ada beberapa komponen yang bahan bakunya masih impor.

Sudirman menegaskan, jika semua bahan baku sudah bisa dipenuhi secara lokal, maka ADM akan mulai melakukan produksi dengan material 100 persen lokal. ADM bahkan sudah mampu mengekspor Daihatsu Gran Max ke Jepang dengan kuota 1.000 unit perbulannya.

Pabrik ADM di Karawang menjadi pusat riset dan pengembangan untuk melakukan riset mobil yang sesuai untuk market konsumen di Indonesia. Pusat riset ADM ini juga menjadi ajang transfer teknologi dalam produksi mobil yang dikuasai Jepang ke Indonesia, terutama dalam rancang bangun. Hebatnya, pusat riset Daihatsu ini hanya ada di Indonesia saja.

Baca juga: Ini Dia Fitur Unik dan Harga Daihatsu Copen di Indonesia

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY