Planet Ban, salah satu perusahaan penyedia ban dan suku cadang motor terkemuka di Indonesia, menggelar program Service Day untuk kendaraan roda dua milik karyawannya. Program ini bertujuan untuk mengurangi emisi gas buang kendaraan yang berdampak pada kualitas udara dan lingkungan.

Service Day berlangsung mulai 27 Februari sampai 5 Maret 2024, dan mencakup seluruh wilayah nasional. Dalam program ini, Planet Ban memberikan layanan servis gratis Rasa Mesin Baru, yang dapat mengembalikan performa mesin motor menjadi seperti baru. Tercatat ada lebih dari 5.000 motor karyawan yang mendapatkan layanan servis gratis ini.

Chief Operating Officer Planet Ban, Deden Hendra Shakti, mengatakan bahwa sebagai partner strategis industri otomotif, karyawan Planet Ban perlu selalu menjadi yang terdepan dalam mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya dampak emisi gas buang kendaraan bagi kelestarian lingkungan. Ia percaya bahwa pengurangan emisi gas buang kendaraan harus dimulai dari kesadaran masyarakat untuk merawat kendaraan pribadinya secara rutin.

"Dengan meremajakan kondisi kendaraan karyawan kami lewat layanan servis Rasa Mesin Baru, kami berharap dapat meningkatkan awareness masyarakat mengenai pentingnya mengurangi tingkat polusi yang beredar di lingkungan dengan ditekannya tingkat emisi gas buang kendaraan pribadi," ujarnya saat berada di Depok, Jawa Barat, Selasa (5/3/2024).

Berdasarkan data per 29 Februari 2024 dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta, lebih dari 137 ribu unit kendaraan roda dua telah diuji kadar emisinya. Namun, angka ini hanya sebagian kecil dari jumlah sepeda motor yang terdata. Dalam skala nasional, jumlah sepeda motor mencapai 134 juta unit.

Untuk menekan semakin banyak emisi gas buang motor, layanan servis Rasa Mesin Baru telah hadir di lebih dari 1.000 outlet di seluruh Indonesia. Hasil penelitian tim internal Planet Ban mengungkapkan bahwa servis Rasa Mesin Baru terbukti dapat menurunkan rata-rata kadar emisi HC kendaraan motor sebesar 67 persen, dan kadar emisi CO turut berkurang sebesar 73 persen. Selain itu, rata-rata jarak tempuh motor (km/liter) juga meningkat sebesar 16 persen.

Sejak inisiatif Rasa Mesin Baru diluncurkan pada Agustus 2023, sudah ada lebih dari 1.000 motor yang melakukan uji emisi di Planet Ban dan berhasil menurunkan emisi gas buang. Planet Ban juga terus memperluas kehadiran inisiatif ini di berbagai wilayah di Indonesia bersama dengan berbagai partner strategis, termasuk dengan karyawan perusahaan dalam kegiatan Service Day.

Upaya pengurangan emisi kendaraan ini merupakan bagian dari implementasi inisiatif berkelanjutan yang menjadi dasar dari komitmen Planet Ban menjalankan bisnis secara ramah lingkungan. Lebih dari itu, Planet Ban telah melaksanakan sejumlah inisiatif penting lain untuk semakin menyokong komitmen zero emission dan zero waste, seperti pengelolaan limbah oli dan ban motor beserta plastik pembungkusnya, penggunaan bahan ramah lingkungan untuk suku cadang motor, serta pengembangan layanan terbaru untuk mendukung ekosistem motor listrik (electric vehicle).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini