Sensor Anti-Mabuk Akan Menjadi Fitur Wajib Mobil di Amerika Serikat Pada Tahun...

Sensor Anti-Mabuk Akan Menjadi Fitur Wajib Mobil di Amerika Serikat Pada Tahun 2020

1170
0
BERBAGI

Badan Keselamatan Berkendara Amerika Serikat (NHTSA) dikabarkan sedang mengembangkan sensor pintar yang mampu mendeteksi pengemudi dalam kondisi sadar atau mabuk. Inovasi teknologi hasil pengembangan NHTSA itu disebut sebagai Driver Alcohol Detection System for Safety (DADSS).

Teknologi ini dikembangkan karena pengemudi yang mengemudi dalam keadaan mabuk menjadi salah satu penyumbang kecelakaan terbesar di Amerika Serikat.

Setidaknya ada 10.000 warga Amerika Serikat yang meninggal dunia akibat konsumsi alkohol setiap tahunnya, dan 30 persen dari angka tersebut disumbangkan oleh kematian yang terjadi di jalan raya dalam kecelakaan lalu lintas yang disebabkan oleh pengemudi yang nekat mengemudi dalam keadaan mabuk.

Sensor pintar yang ada pada teknologi DADDS berjumlah dua buah, Pertama adalah sensor Breathalyzer yang terpasang pada setir dan yang kedua adalah infra merah yang terpasang pada tombol start yang harus ditekan untuk menghidupkan mobil.

Sensor Breathalyzer berfungsi untuk mendeteksi kadar alkohol yang ada dalam darah melalui helaan napas pengemudi. Sensor akan langsung bereaksi jika pengemudi memiliki konsentrasi alkohol dalam darah lebih dari 0,08 persen.

Sedangkan infra merah yang dipasangkan pada tombol start akan merespon dengan cara mematikan sistem komputer mobil sehingga mesin mobil tidak akan menyala.

Pihak NHTSA mengaku telah mendapatkan banyak tawaran kerjasama dari beberapa produsen mobil. Sensor antimabuk ini bahkan diprediksi akan terpasang pada seluruh mobil di Amerika Serikat pada tahun 2020 mendatang.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY