Ini Dia Arti Simbol Yang Ada Pada Tuas Transmisi Mobil Matic

Ini Dia Arti Simbol Yang Ada Pada Tuas Transmisi Mobil Matic

74603
0
BERBAGI

Pada umumnya tuas transmisi pada mobil matic terdiri dari beberapa simbol, seperti Shift Lock, P, R, N, D-3, 2, dan L. Bagi anda yang sudah terbiasa mengendarai mobil matic pasti sudah tidak asing lagi dengan arti dari simbol-simbol tersebut. Akan tetapi, bagi anda yang belum pernah mengendarai mobil matic biasanya akan kebingungan dengan simbol-simbol yang terdapat pada tuas transmisi.

Nah, bila ada dari anda yang masih belum mengetahui arti dari masing-masing simbol tersebut, maka pada kesempatan kali ini kami akan mencoba menjelaskan arti dari masing-masing simbol yang ada pada tuas transmisi mobil matic.

– Shift Lock

Shift Lock berfungsi untuk mengunci transmisi pada posisi tuas tertentu. Tombol ini biasanya hadir pada mobil-mobil keluaran baru dan digunakan saat mobil hendak diparkir secara paralel. Pada transmisi mobil matic pasti terdapat huruf ‘P’ yang memang digunakan untuk parkir. Namun, bila tuas transmisi berada pada posisi P maka akan menyebabkan mobil tidak bisa digerakkan karena roda-roda terkunci. Nah, jika mobil anda sudah dilengkapi Shift Lock, anda bisa mengaktifkan Shift Lock dan memindah tuas transmisi dari huruf P ke N, hal itu bertujuan agar roda mobil berada dalam kondisi bebas sehingga mobil akan bisa dimaju-mundurkan.

– P

Huruf P di sini berarti ‘Park‘, jika tuas transmisi berada pada posisi P, maka roda-roda akan mengunci sehingga mobil tidak bisa digerakkan. Anda bisa memposisikan transmisi pada posisi P bila mobil sedang diparkir atau bila mobil sedang berhenti dalam jangka waktu yang lama.

– R

Huruf R berarti ‘Reverse‘, posisi ini digunakan saat mobil hendak melaju mundur dan jangan lupa untuk menginjak rem terlebih dahulu sebelum tuas transmisi berada pada posisi R. Untuk menghindari mobil melaju mundur secara cepat, lepaslah rem secara perlahan-lahan.

– N 

Huruf N berarti ‘Neutral‘, pada posisi ini mobil dalam keadaan bebas dan roda-roda mobil tidak terkunci. Pastikan anda selalu memposisikan tuas transmisi pada posisi N sebelum mobil di-starter.

– D-3

Pada posisi D-3 (mobil sedang berada pada gigi 3) mobil bergerak maju

– 2

Angka 2 berarti mobil sedang berada pada gigi 2. Posisi ini digunakan bila mobil sedang melaju di jalanan menanjak dan turunan yang agak curam.

– L

Huruf L berarti mobil sedang berada pada gigi 1. Posisi ini merupakan posisi transmisi yang paling rendah dan digunakan saat mobil sedang melaju di jalanan menanjak atau turunan yang sangat curam.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY